CiriCara: Cara Menjauhkan Anak dari Serangan Diabetes

by
November 9th, 2012 at 3:43 pm

CiriCara.comPenyakit kencing manis atau disebut juga dengan diabetes bukan hanya dialami pada oraang dewasa saja, tetapi bisa juga dialami oleh anak-anak. Penyakit ini menjadi penyakit kronik yang menakutkan karena bisa sebagai pemicu timbulnya penyakit lain, seperti jantung, stroke, dan pembuluh darah tepi.

Dilansir Inilah.com, survei membuktikan bahwa lebih dari 220 juta orang di seluruh dunia terkena diabetes. Penyebabnya adalah bertambahnya jumlah orang yang mengalami berat badan berlebih, tidak aktif secara fisik, dan kurang berolahraga sehingga metabolisme tubuh menurun.

Pada anak-anak, yang sering dijumpai adalah diabetes tipe 1. Jika sampai terkena diabetes tipe 2, maka kemungkinan besar disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang salah. Untuk mencegah mereka terkena serangan diabetes, Anda perlu memperhatikan kesehatannya. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Dilansir Inilah.com, Titi Sari Renowati, SKM, MScPH, Kepala Subdit Pengendalian DM & PM, Kementerian Kesehatan RI memberikan saran untuk Anda agar bisa menjauhkan anak dari penyakit diabetes. Berikut 6 tips yang diberikannya:

1. Cek kondisi kesehatan anak secara berkala

Sebagai orangtua, Anda perlu mengecek kondisi kesehatan si anak secara berkala. Anda harus mengetahui cek jadwal rutin untuk pengecekan kadar gula darah anak. Dengan begitu, Anda jadi mengetahui apakah si anak dalam kondisi baik atau tidak.

2. Jauhi anak dari asap rokok

Sangatlah penting untuk menjauhkan anak dari paparan asap rokok. Jika ada salah satu anggota keluarga yang merokok, maka Anda bisa menyarankan untuk menjauh dari si anak. Anak yang terpapar asap rokok memiliki risiko dua kali lipat mengembangkan penyakit paru-paru obstruktif kronik atau POKK. Penyakit tersebut merupakan klasifikasi luas dari gangguan yang mencakup bronkitis kronik, bronkitis, emfisema, dan asma.

3. Mengajaknya berolahraga

Agar anak tetap sehat, Anda juga perlu mengajak anak berolahraga. Ajaklah anak berolahraga setiap akhir pekan, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan olahraga ringan lainnya, Dengan berolahraga rutin setiap harinya, setidaknya 30 menit bisa menjauhkan Anda mengalami diabetes.

4. Diet sehat

Meskipun si anak memiliki “warisan” diabetes, Anda harus tetap memberikan asupan yang sehat untuknya. Ajarkanlah dia untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, dan nutrisi yang seimbang, seperti vitamin, mineral, dan serat.

5. Istirahat cukup

Beraktifitas fisik boleh-boleh saja dilakukan si anak, namun harus tetap memiliki waktu untuk beristirahat. Hindari anak terlalu merasa lelah karena bisa membuat kondisi tubuhnya menurun.

6. Kendalikan stres

Stres bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan juga bisa terjadi pada anak. Jika anak mengalami stres, maka akan mempengaruhi kesehatannya secara umum. Anda disarankan untuk selalu membuat anak merasa senang dan nyaman.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan agar si anak terhindar dari penyakit diabetes. Dengan memperhatikan kesehatannya, berarti Anda juga menjauhkan anak dari penyakit diabetes. (NR)

Comment di sini