Lampung Bentrok Lagi, SBY Belum Bertindak

by
November 9th, 2012 at 2:11 pm

Merdeka

Bandar Lampung (CiriCara.com) – Setelah kerusuhan terjadi di Lampung Selatan pada 28 Oktober 2012 lalu, kini provinsi itu kembali dilanda kerusuhan yang menimpa daerah Lampung Tengah pada hari Kamis, 8 November 2012.

Dilansir dari Merdeka.com, kerusuhan di Lampung Tengah terjadi akibat bentrok dua warga Kampung Buyut, Gunung Sugi dan Kampung Kusuma Dadi, Bekri, Lampung Tengah. Akibat bentrok kedua wilayah ini, sekitar 17 rumah dibakar massa dan 62 rumah mengalami rusak ringan. 

Walaupun tidak ada korban jiwa berjatuhan, namun bentrokan antar dua warga kampung ini sangat disesalkan karena peristiwa terjadi hanya beberapa hari dari bentrokan serupa di Lampung Selatan.

Menurut Menko Polhukam Djoko Suyanto, pihaknya mengatkan bahwa saat ini kondisi bentrokan sudah kondusif karena pasukan keamanan dari Brimob dan TNI telah disiagakan di lokasi.

“Penyerangan berhasil disekat oleh 4 SSK Brimob dan 1 SSK TNI,” kata Djoko pada Kamis malam, 8 November 2012 seperti dikutip Merdeka.com.

Saat ditanya apakah Presiden SBY sudah mendapat laporan tentang kerusuhan ini, Djoko belum bisa memberi jawaban pasti. Pihaknya hanya mendapat laporan dari petugas keamanan setempat.

Bentrok antar kedua kampung ini berawal dari kasus pencurian seekor sapi. Pencuri sapi tertangkap saat beraksi di Kampung Kusuma Dadi, Bekri, Lampung Tengah. Karena kesal warga yang emosi lalu membakar pelaku hingga tewas.

Belakangan diketahui pelaku yang dibakar adalah masyarakat Kampung Buyut, Kecamatan Gunung Sugi. Mendengar warganya ada yang dibakar hidup-hidup, warga Kampung Buyut melakukan aksi balas dendam.

Mereka beramai-ramai menyerang kampung Kusuma Dadi dan membakar sejumlah rumah namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Sebelum bentrok di Lampung Tengah, wilayah Desa Balinuraga, Waypanji, Lampung Selatan juga mengalami bentrok. Dalam bentrok itu 14 orang tewas.

Bagaimana reaksi Presiden SBY dalam bentrok kali ini? Secara langsung, Presiden SBY belum memberikan keterangan atas dua kasus bentrokan warga Lampung. Julian Aldrin Pasha selaku juru bicara Presiden juga belum memberi jawaban pasti mengenai tanggapan SBY tentang bentrok kali ini. (RN)

Comment di sini