Waspada Ciri-ciri Penyebab Asma Ini

by
November 9th, 2012 at 10:21 am

CiriCara.com – Asma adalah penyakit yang mempengaruhi organ paru-paru atau sistem pernapasan. Kebanyakan orang yang menderita penyakit asma memiliki sistem pernapasan yang sensitif. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Setiap hari jumlah penderita penyakit asma di dunia terus mengalami peningkatan, pemicu utamanya adalah karena menurunnya sistem kekebalan tubuh. Terjadinya asma dikarenakan oleh peradangan dan penyempitan di sepanjang saluran pernapasan. Akibat dari penyempitan dan peradangan ini penderita asma sangat sulit untuk bernapas.

Sel-sel tertentu yang berada di saluran pernapasan, terutama mastosit diduga menjadi penyebab mengapa penyempitan bisa terjadi. Akibat peradangan, maka sel mastosit akan melepaskan histamin dan leukotrien yang dapat menyebabkan kontraksi pada otot polos, peningkatan pembentukan lendir, dan perpindahan sel-sel darah putih ke daerah di sepanjang sistem pernapasan.

Aktifnya sel mastosit ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

1. Alergi

Beberapa alergi dapat memicu penyakit asma dengan cara menginfeksi sistem saluran pernapasan, contohnya debu, bulu hewan, serbuk sari tumbuhan, dan sapura. Selain itu, beberapa jenis makanan penyebab alergi juga dapat menimbulkan penyakit asma. Diantaranya, kacang tanah, susu, telur, kedelai, gandum, polong-polongan, dan ayam kalkun.

Keberadaan senyawa sulfur dan histamin pada makanan-makanan tersebut dapat memperburuk kesehatan penderita asma. Namun, tidak semua penderita alergi memiliki riwayat penyakit asma. Biasanya asma yang disebabkan oleh alergi merupakan pengidap penyakit asma sejak kecil.

2. Infeksi virus

Dua jenis virus yang paling sering menyebabkan terjadinya asma adalah rhinovirus (RSV) dan virus influenza A, keduanya merupakan virus penyebab penyakit flu. Virus-virus tersebut bekerja dengan cara menginfeksi saluran pernapasan sehingga mengakibatkan peradangan. Peradangan dan infeksi ini dapat mengganggu aliran udara yang masuk ke dalam paru-paru, sehingga penderita akan merasa sulit untuk bernapas. Dalam suatu penelitian menyatakan bahwa sekitar 40% serangan asma yang terjadi pada orang dewasa disebabkan oleh infeksi virus.

3. Stres

Stres dapat terjadi apabila tuntutan atau pengaruh dari lingkungan melebihi kemampuan dari adaptasi individu atau kemampuan untuk melawan. Para pakar percaya bahwa terdapat hubungan antara stres, sistem saraf pusat, perubahan dalam fungsi imun dan endokrin, yang dapat memicu gejala-gejala asma.

4. Asap rokok

Asap rokok merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan asma, baik itu pada perokok sendiri maupun orang-orang yang terkena asap rokok. Dalam asap rokok terkandung lebih dari 4500 jenis kontaminan yang berbahaya, diantaranya hidrokarbon polisiklik, karbon monoksida, karbon dioksida, nitrit oksida, nikotin, dan akrolein.

Pada anak-anak asap rokok akan memberikan efek lebih parah dibandingkan orang dewasa. Hal ini karena lebar saluran pernapasan pada anak-anak masih kecil dan sempit, sehingga jumlah oksigen yang dihirup oleh anak-anak lebih cepat dari orang dewasa. Dengan adanya pengaruh asap rokok, maka pernapasan akan menjadi lebih berat dan akan berakibat memicu terjadinya asma.

Setelah mengetahui beberapa penyebab asma tersebut, maka akan membuat kita menjadi lebih waspada terutama bagi penderita yang mempunyai riwayat penyakit asma.

(RF)

Comment di sini