5 Kesalahan Ibu dalam Mengelola Keuangan Keluarga

by
November 12th, 2012 at 4:18 pm

CiriCara.com – Sebagai seorang ibu, Anda tentunya akan memprioritaskan anak dalam segala bentuk pengeluaran. Namun, ternyata hal tersebut malah membuat Anda terjebak dan salah mengatur keuangan rumah tangga.

Untuk itu, mari kenali 5 kesalahan ibu saat mengatur keuangan rumah tangganya yang dicuplik dari Female.Kompas.com berikut ini:

1. Lebih mementingkan dana pendidikan daripada dana pensiun

Sebagai orangtua tentunya Anda ingin yang terbaik bagi anak-anak. Termasuk mempersiapkan dana pendidikan untuknya. Tak ada yang membantah bahwa dana pendidikan memang sebaiknya dipersiapkan sejak dini. Namun, dalam hal mempersiapkan dana pendidikan bukan berarti Anda juga lupa mempersiapkan dana untuk di hari tua nanti. Sangat penting bagi Anda untuk tetap memikirkan kelanjutan hidup masa tua. Orangtua dengan pensiun yang terencana justru memikirkan masa depan anak. Dengan begitu, nantinya Anda tak akan memberatkan hidup si anak.

2. Tidak ikut ambil keputusan soal keuangan

Sebagian besar ibu hanya mengatur uang belanja dan pengeluaran sehari-hari. Mereka tak ikut memikirkan investasi dan rencana keuangan keluarga. Jika Anda bersikap seperti itu, maka mulailah terlibat dari sekarang. Paling tidak, Anda ikut menyumbangkan pendapat.

3. Tidak memberikan uang jajan

Anda mungkin berpikir bahwa jajan tidak baik untuk anak dan hanya pemborosan saja. Akan tetapi, sedari dini si anak harus belajar bertransaksi dan mengetahui dengan pasti jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sesuatu yang disukainya. Selain itu, uang jajan juga akan membantu anak belajar mengatur keuangan sekaligus belajar membatasi pengeluarannya. Namun, Anda harus konsisten terhadap jumlah yang dikeluarkan per harinya untuk anak.

4. Kompromi dengan upah yang lebih rendah

Sebagai ibu terutama dengan anak yang masih kecil, Anda harus memiliki waktu dan bergerak fleksibelitas yang tinggi. Biasanya, demi jam kerja yang fleksibel, ibu bekerja rela diupah atau mendapat bayaran lebih sedikit. Padahal, dengan penghasilan Anda pun tetap tak bisa untuk menabung atau berinvestasi.

5. Malas mengurus rumah

Anda harus tetap mengurus rumah. Terutama keperluan anak sekolah, seperti seragam sekolah, pakaian, sepatu, hingga buku pelajaran. Jika Anda lalai, maka semua itu akan lebih cepat rusak. Jika rusak, maka Anda juga akan mengeluarkaan uang lagi untuk membelikannya yang baru. Selain itu, keawetan sebuah barang juga bergantung pada perawatannya. Merawat rumah dan perabotannya dengan baik juga merupakan cara berhemat.

Itulah 5 kesalahan yang dilakukan ibu dalam mengatur keuangan rumah tangganya. Jika kelima hal tersebut dihindari, maka Anda sudah bersikap hemat dalam mengatur keuangan rumah tangga. (NR)

Comment di sini