CiriCara: Cara Membuat Burger Sederhana

by

CiriCara.com – Apakah kamu penggemar burger? Desas-desus yang menyebutkan bahwa burger di restoran cepat saji tidak sehat bagi tubuh, sudah menjadi rahasia umum.

Ditambah lagi, isu yang menyebutkan bahwa kebersihan makanannya pun tidak dapat dijamin. Hal ini membuat banyak orang berpikir ulang kalau mau menyantap burger cepat saji.

Oleh karena itu, daripada ragu-ragu saat menyantap burger favorit kamu, lebih baik jika kamu membuat sendiri burger kesukaanmu.

Dengan membuat burger sendiri, kamu dapat menambahkan beberapa bahan yang kamu inginkan, dan kebersihannya pun terjamin.

Berikut adalah resep membuat burger lezat.

Bahan untuk bumbu:

15 gr kaldu ayam bubuk
10 siung bawang merah
10 siung bawang putih
2 buah bawang Bombay (ukuran sedang)
5 gr lada halus
3 gr biji pala yang sudah dihaluskan
2 gr garam
Gula pasir secukupnya
Margarin atau minyak sayur untuk menumis

Bahan daging burger:

1 ½ kg daging sapi giling
8 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas
150 gr tepung roti
50 gr terigu

Bahan pelengkap:

20 buah roti burger yang telah dibelah menjadi 2 bagian
Daun selada secukupnya
Mentimun secukupnya
6 buah tomat, iris tipis
Keju parut secukupnya/keju lembaran
Saus tomat
Mayones
Saus sambal

Cara membuat burger:

- Tumis semua bahan-bahan bumbu yang sudah disiapkan dengan margarin/minyak sayur. Masukkan bawang Bombay dan bawang merah terlebih dahulu, kemudian bawang putih. Lalu berilah bumbu seperti garam, gula, lada, dan biji pala. Setelah semua bahan matang, angkat dan sisihkan.
- Selagi menunggu tumisan bumbu tersebut dingin, siapkanlah wadah. Letakkan daging giling ke dalam wadah tersebut, kemudian masukkan tumisan tersebut, tambahkan terigu dan telur yang sudah dikocok lepas.
- Aduk rata adonan daging tersebut, sampai semua bahan tercampur dan melekat. Kemudian masukkan di dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit.
- Kemudian cetaklah daging tersebut sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan.
- Panaskan wajan, dan pangganglah daging-daging yang sudah dibentuk. Lakukan hal ini sampai semua daging sudah dipanggang.

Penyajian:

- Ambillah roti burger yang sudah dibelah menjadi 2 bagian, olesi dengan mayones, kemudian tatalah mentimun, tomat dan daun selada di atasnya.
- Setelah itu, olesi saus sambal pada daging yang sudah matang dan letakanlah di atas daun selada, kemudian taburilah dengan parutan keju/keju lembaran di atasnya.
- Kemudian letakanlah di piring saji. Lakukanlah hal ini sampai roti burger terisi semua.

Untuk variasi penyajian kamu dapat menambahkan kentang goreng sebagai hiasan di pinggir piring sajinya. Mudah bukan membuat burger sendiri. Selamat mencoba! (yk)


comments powered by Disqus