CiriCara: Cara Pintar Mengelola Uang

by
November 12th, 2012 at 10:57 am

CiriCara.com –  Uang, jika tidak dikelola dengan baik tentunya akan bisa habis begitu saja. Membeli hal-hal yang kecil ternyata juga bisa membuat uang Anda habis begitu saja. Untuk itu, kepiawaian Anda dalam mengatur uang harus mencakup hal-hal kecil yang terkadang tak tepikir.

Apa saja yang harus Anda lakukan agar pintar mengelola uang sehingga membuat hidup lebih hemat? Untuk mengetahuinya, mari Anda simak tips berikut ini yang dicuplik dari Allwomenstalk.com:

1. Jangan terlalu sering pergi

Anda mungkin akan terkejut ketika tahu berapa uang yang telah di habiskan ketika hang out bersama pacar atau teman-teman. Untuk itu, Anda perlu membatasi acara jalan-jalan keluar. Setidaknya, Anda bisa hang out dan makan enak di mall seminggu sekali saja.

2. Memotong kebutuhan yang tidak perlu

Periksa semua tagihan yang Anda dapatkan setiap bulan. Adakah kebutuhan yang tidak terlalu penting? Misalnya, Anda memasang WiFi di rumah dan ternyata jarang menggunakannya. Untuk itu, sebaiknya Anda berhenti berlangganan dan simpan uang tersebut untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

3. Berpikir sebelum membeli

Sebelum membeli suatu barang, tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu, “Apakah saya benar-benar mebutuhkannya?” atau ulangi pertanyaan ini, “Mampukah saya membelinya sekarang?.” Dengan berpikir sebelum membeli tentunya akan membuat keuangan Anda sedikit lebih hemat.

4. Menghindari pembelian kecil

Hindari pembelian barang-barang kecil yang sebetulnya tidak begitu Anda butuhkan, seperti membeli camilan,  permen, dan hal kecil lainnya. Pada walnya mungkin sulit Anda lakukan, namun harus tetap dilawan demi kelancaran keuangan nantinya.

5. Membuka rekening tabungan

Salah satu cara terbaik untuk mengatur uang adalah dengan membuka rekening tabungan. Sisihkan sedikit uang dari gaji bulanan Anda untuk ditabung ke bank. Pada awalnya memang sulit untuk dilakukan, namun Anda akan merasakan manfaat nantinya.

6. Meninggalkan kartu kredit di rumah

Meninggalkan kartu kredit di rumah merupakan cara paling bijaksana untuk menghemat pengeluaran. Bawalah kartu kredit itu saat memang Anda butuhkan. Jika tidak, maka biarkan saja itu tersimpan dengan aman di rumah.

7. Mencari diskon

Jika memang ingin berbelanja, seperti membeli baju, tas, sepatu, dan barang-barang lainnya, maka tunggulah saat barang-barang tersebut diskon. Biasanya, toko-toko akan memberikan diskon pada tahun baru dan hari-hari besar lainnya. Namun, Anda juga harus cermat memilih barang-barang diskonan agar tidak mendapatkan barang yang cacat.

Itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan agar pintar mengatur keuangan. Dengan pintar mengatur keuangan, tentunya akan membuat hidup lebih hemat dan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Ingat juga kata peribahasa yaitu hemat pangkal kaya. (NR)

Comment di sini