Perubahan Iklim: Bambu Terancam Punah, Panda pun Terancam

by
November 12th, 2012 at 3:52 pm

CiriCara.com – Bumi kita ini sedang menghadapi perubahan iklim yang cukup drastis, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Banyak tumbuhan dan hewan yang tidak mampu bertahan menghadapi perubahan iklim sekarang ini. Misalnya saja, komunitas hewan di wilayah kutub. Dengan perubahan iklim seperti ini, habitat mereka pun terancam lenyap.

Ternyata bukan saja hewan-hewan kutub yang terancam punah, tapi juga hewan lucu hitam-putih ini, yaitu Panda.

Panda memang tergolong hewan langka yang dilindungi, akan tetapi, komunitas hewan ini terancam punah karena bambu, makanan mereka pun dikabarkan tidak dapat bertahan menghadapi perubahan iklim yang drastis.

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa peningkatan temperatur di China selama beberapa abad ke depan akan berdampak pada tumbuhnya tanaman bambu di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Para peneliti mengatakan bahwa salah satu yang dapat dilakukan adalah memindahkan tanaman bambu ke dataran yang lebih tinggi, supaya panda-panda itu masih memiliki sumber makanan untuk bertahan hidup.

Namun, jika program konservasi terlalu lama bertindak maka penduduk dan berbagai kegiatan hidup manusia akan mengikis pertumbuhan tanaman bambu tersebut.

Salah seorang anggota penelitian di Universitas Michigan, Jianguo Liu mengatakan bahwa jika manusia mengambil tindakan sekarang untuk mengatasi masalah tersebut, tentu masih ada harapan bagi kelangsungan hidup panda dan kelestarian tanaman bambu.

Liu juga menyampaikan bahwa meski hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa bambu tidak dapat bertahan di temperatur yang meningkat. Namun, pemindahan tanaman bambu ke wilayah yang lebih tinggi supaya mendapatkan udara yang lebih dingin pun tidak dapat menjamin tanaman ini akan tumbuh dan bertahan lama di sana.

Semuanya itu bergantung pada sejauh mana usaha manusia dapat mengurangi perubahan iklim dengan membatasi emisi gas dari efek rumah kaca di masa depan.

Selain itu, cara melindungi panda hanya dengan merawatnya di kebun binatang dan pusat perkembangbiakan, bukanlah cara yang efektif untuk menjaga kelestarian hewan mirip beruang ini, ungkap Liu dilansir dari Livescience.com.

Biar bagaimanapun juga, hewan ini butuh habitat aslinya, yaitu tinggal di alam bebas. Dengan demikian, mereka dapat merasa lebih bebas untuk hidup, tumbuh, dan berkembang biak, dibandingkan di tempat-tempat pembudidayaan seperti itu.

Mengingat banyak makhluk hidup yang terancam akibat perubahan iklim yang sebagian besar disebabkan oleh manusia, marilah kita mulai menyayangi Bumi ini, tempat tinggal kita. (yk)

Live Science

Comment di sini