5 Alasan Agar Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

by
November 13th, 2012 at 10:05 am

CiriCara.com – Kartu kredit memang memberikan kemudahan bagi pemakainya. Saat tak membawa uang tunai atau uang yang dimiliki tak cukup untuk membayar barang yang dibeli, Anda bisa dengan mudahnya menggesek kartu kredit tersebut untuk bertransaksi.

Kartu kredit mungkin memiliki efisiensi cukup besar bila digunakan dengan bijak dan baik. Namun, sebagian besar orang lebih mudah menyalahgunakannya. Jika tak bijak menggunakannya, maka malah akan menimbulkan pembengkakan utang di bank.

Sebenarnya ada banyak alasan untuk berhenti menggunakan kartu kredit. Dilansir Allwomenstalk.com, inilah 5 alasan agar Anda bisa berhenti menggunakan kartu kredit:

1. Mengurangi pengeluaran

Menggunakan kartu kredit ternyata membuat seseorang jadi lebih mudah mengeluarkan uang. Sadarkah Anda akan hal tersebut? Dengan memutuskan untuk tidak menggunakan kartu kredit lagi, berarti Anda bisa mengurangi pengeluaran secara bijaksana.

2. Menyusun anggaran bulanan

Saat memutuskan untuk tidak menggunakan kartu kredit, Anda akan dengan mudah menyusun anggaran bulanan. Selain itu, Anda juga bisa melacak aliran uang yang telah dikeluarkan selama satu bulan. Dengan begitu, Anda tidak akan takut kehabisan uang di pertengahan bulan. Bayangkan jika Anda menggunakan kartu kredit, tentunya anggaran bulanan akan berantakan.

3. Gila belanja

Kartu kredit memang memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Anda tidak perlu membawa uang tunai untuk membeli barang yang harganya jutaan rupiah. Selain itu, diskon yang diberikan jika bertransaksi menggunakan kartu kredit juga cukup menggiurkan Anda. Namun, hal tersebut tentunya mendorong Anda untuk menjadi gila belanja. Jika hal tersebut dibiarkan, maka kondisi keuangan Anda akan memburuk.

4. Tak ada kebebasan finansial

Pemilik kartu kredit tidak akan mendapatkan kebebasan finansial. Mereka sangat bergantung pada kartu ktredit dan dikendalikan oleh pihak bank. Kartu kredit bisa Anda gunakan sesuka hati dan sesuai batas nominal yang diberikan dari pihak bank. Jika tagihan datang dan tak bisa membayarnya, maka Anda akan berutang. Utang benar-benar bisa menyeret Anda ke dalam masalah finansial yang besar. Lalu, apakah Anda akan tetap menggunakan kartu kredit?

5. Punya sedikit utang

Memiliki utang dengan siapapun akan berdampak buruk pada kondisi keuangan Anda di kemudian hari. Anda tak bisa lagi menempatkan uang untuk hal-hal yang penting. Bahkan, tak ada uang tambahan untuk ditabung lagi karena untuk membayar tagihan kartu kredit.

Itulah alasan agar Anda bisa berhenti menggunakan kartu kredit. Bagaimanapun juga jika Anda merupakan orang yang kurang bijak dalam menggunakan uang, alangkah baaiknya untuk berhenti menggunakannya saja. Dengan begitu, Anda akan bisa mengatur keuangan dengan baik. (NR)

Comment di sini