8 Hal yang Dilarang di Arab Saudi

by
November 13th, 2012 at 1:14 pm

CiriCara.comArab Saudi merupakan negara yang terkenal dengan berbagai peraturan keagamaan yang sangat kental, sehingga banyak larangan yang harus dilakukan oleh warganya.

Bahkan, pelajaran olahraga saja dilarang untuk diberikan pada murid-murid perempuan. Padahal tubuh manusia sangat membutuhkan olahraga, baik itu laki-laki ataupun perempuan.

Ada beberapa hal lainnya yang dilarang oleh negeri ini. Berikut adalah penjabarannya:

1. Hari Valentine

Perayaan hari kasih sayang yang diperingati oleh seluruh penduduk dunia pada tanggal 14 Februari ini, merupakan hal yang dilarang di Arab. Di saat seluruh dunia saling berbagi kasih sayang terhadap sesamanya; pada tanggal 14 Februari itu, seluruh toko bunga, toko hadiah, dan lainnya malah dilarang untuk menjual berbagai benda yang bertemakan valentine, seperti bunga mawar merah, atau benda berbentuk hati, serta boneka berwarna merah muda, dan sebagainya. Bukan hanya dilarang untuk berjualan, tapi juga dilarang memakai atribut valentine, bahkan merayakannya. Pelanggaran terhadap larangan ini adalah penutupan toko, dan dipulangkan dari sekolah bagi murid-murid sekolah.

2. Bioskop

Untuk menemukan bioskop di negara ini, mungkin kamu harus pergi ke wilayah Saudi Aramco. Bioskop menjadi salah satu hal yang dilarang karena dengan adanya bioskop berarti mengizinkan pria dan wanita pergi bersama-sama tanpa adanya pengawasan, yang mungkin akan mengarah pada hal-hal tidak bermoral.

3. Wanita berolahraga

List Verse

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa murid-murid perempuan di setiap sekolahan di Arab tidak diizinkan untuk merasakan pelajaran olahraga. Di seluruh universitas dan sekolah, tidak pernah diadakan pelajaran olahraga bagi murid perempuan. Oleh karena larangan ini, Arab pernah dilarang mengikuti Olimpiade oleh panitia Olimpiade Internasional.

4. Wanita bekerja

List Verse

Selain berolahraga, wanita juga dilarang melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para pria. Beberapa pabrik atau perusahaan tidak boleh mempekerjakaan wanita pada posisi yang seharusnya diperuntukkan bagi pria, misalnya saja teknisi. Jika ingin bekerja, wanita hanya boleh menjadi perawat, atau kasir.

5. Wanita mengemudi

Berbeda dengan Indonesia dan negara-negara lainnya, di mana pengemudi wanita sudah banyak dijumpai. Di Arab Saudi, para wanita sangat dilarang untuk mengemudikan mobilnya. Alasan yang mendasari larangan ini adalah jika wanita dibiarkan mengemudi mobil sendiri, mereka akan lebih sering berpergian dan meninggalkan rumahnya.

6. Daging babi

Tentu saja daging babi sangat diharamkan di negara ini karena Arab merupakan negara yang sangat memegang teguh peraturan-peraturan agama Islam, sedangkan daging babi dinilai haram oleh umat Islam. Seluruh makanan yang hendak masuk atau diperjual-belikan di negara tersebut harus dipastikan “halal” terlebih dahulu.

7. Agama lain

List Verse

Negara Arab Saudi ini tidak menjunjung adanya kemajemukan agama/kepercayaan. Oleh karena itu, agama selain Islam sangat dilarang di negara ini. Hal ini dikarenakan sudah ada 2 masjid suci yang terletak di negara Islam tersebut. Jika ada tempat ibadah lain yang didirikan, maka hal itu dianggap menghujat. Pelanggaran pada larangan ini ialah hukuman mati.

8. Sekolah musik

List Verse

Musik memang legal di Arab tapi tidak ada sekolah musik atau kursus musik yang didirikan di negara ini. Bahkan, setiap toko ataupun mal tidak boleh memasang musik, seperti yang biasa kita jumpai di mal-mal Jakarta. Karena larangan ini, seluruh sekolah dan universitas di Arab tidak mengadakan kelas musik bagi para siswa/mahasiswanya.

Itulah 8 hal yang dilarang di Arab Saudi. Jika kamu pergi ke negara ini, berhati-hatilah, jangan sampai kamu melanggar larangan-larangan tersebut.

Ada baiknya, kamu pelajari adat dan kebiasaan suatu negara sebelum mengunjunginya, karena setiap negara memiliki adat dan nilai-nilai yang berbeda. (yk)

List Verse

Comment di sini