Cegah Flu Secara Alami, Makan Buah-Buahan Ini

by
November 13th, 2012 at 11:14 am

CiriCara.com – Buah merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Hampir semua jenis buah aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita.

Dengan mengkonsumsi buah setiap harinya, diharapkan manfaat dari buah ini akan kita dapatkan secara maksimal. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah-buahan dapat mencegah kita dari berbagai jenis penyakit, terutama penyakit flu. Berikut beberapa buah yang bermanfaat untuk mencegah infeksi penyakit flu:

1. Apel

Apel termasuk buah yang memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah tinggi, terutama quercetin dan vitamin C. Senyawa antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Disamping itu senyawa antioksidan berguna untuk mencegah berbagai penyakit termasuk juga penyakit flu. Beberapa kandungan penting dari apel lainnya adalah mineral (kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc), dan vitamin (vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B9).

2. Pepaya

Disamping kandungan vitamin E-nya, pepaya juga sangat tinggi akan kandungan karoten dan vitamin C. Dalam 100 gram buah pepaya mengandung vitamin C sebanyak 78 mg, jumlah tersebut masih lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk sekalipun (vitamin C pada jeruk 49 mg). Vitamin C telah sejak lama diketahui sebagai antioksidan yang mampu menangkal serangan penyakit flu.

3. Cranberry

Buah cranberry dihasilkan dari tanaman cranberry yang merupakan jenis tanaman semak. Dibanding jenis buah lainnya, cranberry memang memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah, demikian juga dengan kandungan mineralnya. Namun, buah cranberry sangat tinggi akan kandungan polifenol yang juga berfungsi sebagai senyawa antioksidan, contohnya antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin. Disamping itu, cranberry juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, dan berfungsi sebagai antikanker.

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang paling umum kita temui di mana-mana. Umumnya jeruk memiliki rasa manis keasaman, walaupun ada juga yang sangat manis. Buah ini sangat disukai oleh banyak orang karena cita rasanya yang khas dan menyegarkan. Kandungan komponen jeruk yang terkenal adalah vitamin C-nya. Namun, pada jeruk juga mengandung potassium, dan asam folat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan. Konsumsi buah jeruk secara rutin dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit flu. Selain itu vitamin C juga mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas dan memperkuat sel-sel kulit tubuh dengan cara meningkatkan produksi kolagen kulit. Fungsi kolagen ini adalah menjaga bentuk elastisitas dari kulit agar tetap baik.

5. Pisang

Jika menyimak kandungan gizinya, pisang ternyata memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding buah apel. Buah pisang tinggi akan provitamin A (betakaroten), vitamin B6 (piridoxin), tiamin, riboflavin, dan niasin. Selain itu pisang juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Komponen-komponen gizi pada pisang ini sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah serangan flu.

(RF)

Comment di sini