CiriCara: Cara Agar Tubuh Kembali Kuat Pasca Sakit

by
November 13th, 2012 at 9:15 am

CiriCara.comSakit bukanlah hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Saat sedang sakit, tentunya berbagai aktivitas yang biasa dikerjakan akan terganggu. Seseorang bisa jatuh sakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tak lagi mampu melawan serangan virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit.

Banyak faktor yang bisa mengakibatkan sistem imun terganggu, antara lain stres, kurang gizi, terlalu lelah, dan lain sebagainya. Setelah sembuh dari sakit atau menyelesaikan pengobatan, Anda harus segera memperbaiki sitem imun agar segera mendapatkan perlindungan kembali. Dilansir Naturalnews.com, inilah 7 cara untuk memperbaiki sistem imun selama masa pemulihan:

1. Meminum jus sayuran

Saat sedang sakit, seseorang bisa kehilangan nafsu makannya. Nafsu makan berkurang tentunya akan membuat tubuh semakin lemah. Untuk meningkatkan dan mempromosikan penyerapan nutrisi makanan, Anda bisa meminum jus sayuran. Sistem imun yang rusak karena sakit bisa dibangun kembali karena mendapatkan asupan nutrisi dari jus sayuran. Anda akan cepat pulih dari sakit dan sistem imunitas tubuh kembali memberikan perlindungan terhadap serangan virus dan bakteri penyakit.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Anda perlu mengonsumsi makanan yang lebih sehat selama masa penyembuhan dari sakit, seperti memperbanyak makan sayur organik, tidak memakan makanan olahan, dan menghindari gula atau pemanis buatan. Setelah Anda sembuh dari sakit, sistem imun masih lemah dan belum mampu menangkis efek buruk dari makanan manis dan olahan. Jika Anda tetap mengonsumsi makanan sehat, maka bisa membantu memulihkan kembali sistem imunitas tubuh.

3. Memakan bawang putih

Bawang putih bisa sebagai antibiotik alami yang mampu memulihkan kembali sisitem kekebalan tubuh Anda. Untuk itu, cobalah makan bawang putih mentah yang dicampur dengan madu atau bisa Anda tambahkan ke dalam makanan. Dengan begitu, tubuh Anda akan kembali kuat setelah sakit.

4. Menambah asupan magnesium

Sekitar lebih dari 300 fungsi metabolisme tubuh memerlukan magnesium agar bisa bekerja dengan baik. Untuk itu, Anda disarankan menambah asupan magnesium, seperti mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon, bayam, dan pisang. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium juga bisa membuat tekanan darah tetap normal.

5. Probiotik

Suplemen probiotik bisa Anda gunakan selama atau setelah masa penggunaan antibiotik saja. Dilansir Health.Detik.com, para ahli memperkirakan bahwa bakteri probiotik terlibat hingga 60 sampai 80 persen dari total sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi probiotik dalam jumlah yang normal sehari-hari untuk membantu kelancaran pencernaan. Probiotik bisa Anda temukan pada makanan-makanan yang telah difermentasikan, seperti yoghurt.

6. Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ tubuh yang paling penting untuk detoksifikasi atau menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Untuk itu, Anda perlu menjaga kesehatan hati dengan menghindari obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen tylenol dan menghindari mengonsumsi alkohol serta pemanis buatan.

7. Membersihkan kelenjar getah bening

Agar kesehatan Anda segera pulih, kelenjar bening harus dibersihkan dari tumpukan racun. Caranya adalah Anda perlu berolahraga, seperti berjalan, berlari santai, atau loncant-loncat ringan. Dengan begitu racun akan keluar dari kelenjar getah bening dan tubuh Anda kembali kuat.

Itulah 7 cara yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki sistem imun agaar tidak kembali sakit. Pada prinsipnya, orang dengan kondisi sistem imun dalam keadaan prima tidak akan mudah terkena infeksi, akan tetapi jika pada saat tertentu sistem imun terganggu atau tidak bekerja dengan baik, maka virus atau jamur akan mudah masuk ke dalam tubuh. (NR)

Comment di sini