CiriCara: Cara Cegah Kerusakan Rambut Setelah Diwarnai

by
November 13th, 2012 at 3:43 pm

CiriCara.com – Mewarnai rambut bisa saja menjadi senjata ampuh untuk mengubah penampilan menjadi lebih gaya dalam waktu singkat. Tak heran, beberapa wanita mengecat rambutnya agar penampilan lebih terlihat modis dan memukau.

Namun, masalah yang sering terjadi setelah mengecat rambut adalah rambut menjadi rusak yang ditandai dengan kering dan pecah-pecah. Hal tersebut dialami karena Anda tidak melakukan perawatan dengan baik pasca diwarnai. Padahal, merawat rambut setelah diwarnai harus Anda lakukan agar rambut tetap sehat. Untuk meminimalisir atau mencegah rambut menjadi rusak, sebaikya Anda simak tips berikut ini:

1. Jangan menggunakan sampo yang membuat kering

Setelah rambut diwarnai, sebaiknya Anda tidak menggunakan sampo yang mengandung formula untuk mengeringkan rambut. Biasanya kandungan tersebut terdapat pada sampo anti ketombe dan rambut berminyak. Jika Anda menggunakan sampo yang mengandung formula tersebut, maka warna cat rambut akan cepat luntur.

2. Menggunakan sampo dan kondisioner khusus

Anda disarankan juga untuk menggunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut diwarnai. Dengan menggunakan sampo tersebut, warna cat rambut Anda akan lebih tahan lama. Selain itu, rambut Anda juga akan lebih sehat dengan produk khusus tersebut.

3. Serum

Untuk rambut yang diwarnai, penggunaan serum sangat penting. Serum mengandung banyak vitamin untuk memperbaiki kondisi rambut. Untuk itu, gunakanlah serum saat rambut masih dalam keadaan setengah kering. Tujuannya adalah agar kandungan serum bisa masuk ke dalam folikel rambut.

4. Masker rambut

Perawatan rambut mingguan juga sangat penting Anda laukan di rumah atau di salon, seperti masker rambut. Rambut akan tetap berkilau jika Anda memasker rambut seminggu sekali. Pilihlah masker rambut dengan produk khusus untuk rambut diwarnai atau yang mengandung ekstra pelembap. Selain agar rambut tetap berkilau, memasker rambut juga memberikan nutrisi untuk rambut.

5. Jangan terlalu sering menggunakan alat styling rambut

Saat rambut sudah diwarnai, Anda disarankan untuk tidak menggunakan alat styling rambut, seperti hair dryer, catokan, curly iron, hairspray, dan hair gel. Tujuannya adalah agar kerusakan rambut tak semakin parah.  Rambut yang sudah diwarnai saja akan mengalami kekeringan, untuk itu Anda jangan memperparah kondisi rambut dengan menggunakan alat-alat styling.

Itulah cara agar rambut tidak rusak pasca diwarnai. Saat memutuskan untuk mewarnai rambut, pastikan Anda mau merawatnya dengan baik agar rambut tak menjadi rusak. (NR)

Comment di sini