CiriCara: Cara Instal Windows 8 Dengan Bantuan USB Key

by
November 13th, 2012 at 3:28 pm

CiriCara.com – Salah satu cara untuk menginstal Windows 8 yang sedang ramai dibicarakan publik adalah dengan menggunakan USB key. Cara ini dirasa lebih praktis dan lebih mudah ketimbang harus menggunakan CD software. Cara instalasi menggunakan USB key ini memungkinkan Anda untuk menginstal Windows 8 lewat flash drive.

Berikut ini CiriCara.com akan menjelaskan bagaimana cara menginstal Windows 8 menggunakan USB key:

1. Persiapkan installer Windows 8 berbentuk file khusus atau biasa disebut dengan file instalasi .iso, sama seperti Anda menginstal Windows 7 yang juga mempergunakan file .iso dari Windows 7. Untuk mendapatkan file .iso Windows 8 ini, Anda bisa membelinya pada situs resmi milik Microsoft.

2. Lalu persiapkan flash drive dengan kapasitas yang lega (8 GB), cukup untuk menampung file .iso Windows 8. Usahakan juga untuk memakai flash driver yang masih sehat dan mempunyai performa yang baik, karena proses instalasi mempergunakan bantuan USB Key ini rentan gagal jika flash drive yang digunakan tidak sehat.

3. Kemudian persiapkan pula software Windows 7 USB/DVD Download Tool untuk menunjang proses instalasi file .iso dari Windows 8.

4. Selanjutnya, jalankan aplikasi tersebut. Setelah jendela aplikasi tersebut terbuka Anda akan dihadapkan pilihan file .iso yang akan dipergunakan untuk proses instalasi dari Windows 8 tersebut. Setelah file .iso tersebut dipilih maka dilakukanlah proses burn di dalam USB Key. Setelah langkah burn USB Key selesai, masukkan file .iso Windows 8 tersebut pada flash drive yang akan dipergunakan.

5. Pada jendela layar berikutnya Anda akan dihadapkan lagi dengan pilihan untuk melakukan salinan untuk Windows 8 atau tidak, jika tidak ingin dilakukan abaikan saja proses ini. Pada saat semuanya sudah selesai, Anda bisa memulai dengan mengeklik begin copying.

6. Jika software penunjang tersebut ingin melakukan proses format USB Key, Anda harus melakukannya. Ikuti saja jendela dan aturan yang muncul pada saat proses format USB Key tersebut. Setelah itu Anda akan dipandu lagi untuk meneruskan proses yang diinstruksikan.

7. Kemudian setelah USB Key tersebut sudah siap menjadi media instalasi plus dengan isi USB berupa paket instalan, maka selanjutnya bisa diteruskan dengan proses instalasi pada perangkat yang ditujukan. Jangan lupa juga untuk mengubah setting booting instalasi pada BIOS Windows, dengan pilihan USB Key. Jadi, USB Key yang sudah dipersiapkan tersebut bisa terbaca oleh komputer.

Itulah proses instalasi yang bisa dilakukan oleh Anda dengan mempergunakan bantuan USB Key, semoga tips dan trik dari CiriCara.com tersebut bisa bermanfaat dalam membantu proses instalasi yang akan dilakukan untuk komputer Anda. (AD)

 

Comment di sini