CiriCara: Cara Mengembangkan Bisnis Online

by

CiriCara.com – Saat ini kemajuan teknologi sudah dimanfaatkan oleh banyak orang, salah satunya adalah dengan membuka bisnis online. Dengan mudah seseorang bisa membangun usahanya secara online. Bisnis yang dilakukan secara online ini bisa digunakan untuk mempromosikan usahanya ke masyarakat luas dengan biaya yang lebih murah dan cepat.

Modal untuk memulai bisnis online bisa dibilang kecil, tapi penyebarannya sangat luas. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang melirik usaha ini sebagai usaha utama atau sampingan. Meskipun bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan, namun tak semua bisnis online itu bisa meraih kesuksesan.

Agar bisnis online berjalan dengan lancar, Anda harus mengembangkannya. Bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya mari simak 4 cara berikut ini:

1. Manfaatkan website gratis

Saat ini banyak website yang menghadirkan fitur gratis untuk berjualan. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis, maka manfaatkanlah website gratis ini. Dengan begitu, Anda bisa menghemat modal pembuatan toko online. Selain itu, website ini merupakan langkah percobaan untuk mengetahui tingkat penjualan Anda.

2. Mengubah tampilan toko online

Salah satu keuntungan berbisnis online yaitu fleksibilitas waktunya. Dengan melakukan bisnis online, Anda memiliki waktu lebih luang untuk menatanya sesuai keinginan. Website merupakan sebuah kanvas di mana Anda bisa menguji dan memperbaiki ide desain dan pesan hingga menemukan kunci rahasia kesuksesan. Untuk itu, mulailah mengubah tampilan toko online Anda, seperti mengubah teks website, perbaiki desain agar lebih jelas, dan membuat penawaran khusus.

3. Tempatkan konten produk jualan di bagian depan

Dilansir Female.Kompas.com, Vered Avrahmi dalam artikelnya yang berjudul 6 Tips for Building Business Online, rata-rata orang akan melihat website hanya delapan detik saja. Agar penjualan produk online Anda meningkat, sebaiknya tempatkan konten produk jualan di bagian depan. Pastikan juga bahwa informasi yang paling penting muncul dan terlihat jelas sehingga pengujung website mudah melakukan navigasi.

4. Menggunakan media sosial dengan hati-hati

Saat ini banyak orang yang mempromosikan barang jualannya di media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Namun, jangan menggunakan media sosial ini saat sedang berkomunikasi dengan klien potensial. Bangunlah jaringan komunikasi khusus dengan klien Anda secara personal. Cara ini akan membantu Anda bersikap seperti seorang penjual yang profesional dan promosi tidak dianggap sebagai “sampah”. Selain itu, cara tersebut juga akan membuat Anda dihargai oleh calon pembeli.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan agar bisnis yang dijalani bisa berkembang dan lebih dikenal publik. Jika sudah banyak orang yang mengetahuinya, maka lama-kelamaan Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. (NR)


comments powered by Disqus