CiriCara: Cara Merawat Maskara Agar Tidak Kering

by
November 13th, 2012 at 1:47 pm

CiriCara.com – Saat ingin memperindah mata dengan menggunakan maskara, ternyata maskara malah terlihat kering dan menggumpal. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Maskara yang kering dan menggumpal itu dikarenakan Anda tak pintar merawatnya atau memperlakukannya.

Maskara merupakan salah satu peralatan dandan yang ampuh untuk membuat mata jadi lebih indah dan ekspresif. Bulu mata bisa lebih lentik, tampak lebih panjang, dan tebal dengan sekali atau dua kali mengaplikannya. Agar maskara awet dan tidak menggumpal, Anda perlu menyimak tips berikut ini:

1. Jangan mengocoknya

Bagian dalam tabung maskara dirancang agar tidak mudah terkena udara luar yang menyebabkan maskara mudah kering. Untuk itu, jangan pernah Anda mengocok bagian sikat aplikator dengan harapan agar cairan maskara rata di bagian sikat. Jika hal tersebut Anda lakukan, maka maskara akan lebih cepat menggumpal.

2. Menggunakannya dengan benar

sikat aplikator maskara

Sebelum diaplikasikan ke mata, Anda harus menggunakannya dengan baik. Caranya, putar tutupnya, lalu tarik perlahan sikat aplikator maskara. Setelah itu, Anda siap mengaplikasikannya ke mata. Perlu diingat juga untuk tidak mengocok aplikatornya berkali-kali karena akan membuat udara masuk ke tabung maskara sehingga cairan lebih cepat kering dan menggumpal.

 

3. Selalu menutup rapat

Agar maskara tidak cepat menggumpal, Anda disarankan untuk selalu menutup rapat setelah memakai maskara. Pastikan maskara tertutup rapat agar tak udara yang masuk ke dalam tabung maskara.

4. Letakkan di ruangan yang sejuk

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu meletakkan maskara di ruangan yang sejuk. Jangan pernah Anda meletakkannya di ruangan yang terkena matahari langsung karena bisa membuat maskara lebih cepat kering dan menggumpal.

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan agar maskara tidak cepat kering. Jika terlanjur kering, maka ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Caranya, sediakan gelas yang sudah berisi air panas, lalu tutup rapat maskara. Setelah itu, rendam maskara ke dalam air tersebut selama 5-10 menit. Dengan begitu maskara akan bisa Anda gunakan lagi.

Perlu diingat juga bahwa waktu penggunaan maskara terbaik adalah 3 sampai 4 bulan saja. Alangkah baiknya untuk membeli maskara baru jika sudah lebih dari waktu tersebut. Jika Anda memaksa untuk mengaplikasikan maskara padahal batas waktunya sudah habis, maka penampilan pun malah akan terlihat aneh. (NR)