Kenali Macam-macam Flu dari Cirinya

by
November 13th, 2012 at 3:16 pm

CiriCara.com – Flu adalah penyakit yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus, yang menular melalui udara dan kontak langsung. Penyebaran flu sangat cepat terjadi, perpindahan virus dari satu spesies ke spesies yang lainnya menjadikan virus penyebab flu ini menjadi lebih cepat bermutasi, sehingga akan sangat sulit untuk diobati.

Karena sudah bermutasi, maka penyakit flu yang ada sekarang sudah kian beragam. Berikut beberapa macam penyakit flu berdasarkan ciri dan penularannya:

1. Flu Tulang

Flu tulang adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Parvovirus B19 yang menyerang tulang dan persendian sehingga menyebabkan kelumpuhan. Penyakit flu tulang disebut juga dengan demam tulang atau chikungunya. Infeksi virus chikungunya ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti maupun Aedes albopictus, sama dengan nyamuk yang menularkan virus demam berdarah.

Gejala umum dari flu tulang adalah tubuh akan mengalami demam tinggi, kedinginan, sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, nyeri otot, mata kemerahan, silau, bintik-bintik merah di badan dan tangan. Umumnya gejala akan berlangsung selama 2 – 4 minggu setelah terpapar. Gejala flu tulang memang mirip dengan demam berdarah, namun tidak disertai dengan pendarahan hebat.

2. Flu babi

Flu babi adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae (varian H1N1, H1N2, H3N1, H3N2, dan H2N3) yang banyak ditemukan pada babi. Babi dapat menampung virus flu yang berasal dari manusia maupun burung, yang kemudian memungkinkan virus tersebut bertukar gen dan menciptakan galur pandemik baru (varian virus baru). Jalur penularan virus terjadi melalui kontak langsung dengan babi atau melalui udara (aerosol). Bila terinfeksi flu babi, gejala-gejala yang timbul antara lain demam, batuk, sakit pada kerongkongan, sakit pada tubuh, kepala, panas dingin, lemah lesu, diare, dan muntah-muntah.

3. Flu burung

Penyakit flu burung atau Avian influenza (AI) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang awalnya menyerang burung, unggas, dan ayam. Tetapi, akibat mutasi yang terjadi virus ini dapat menyerang manusia, terutama varian H5N1. Virus ini rawan pada anak-anak karena mempunyai daya tahan tubuh yang masih lemah.

Secara umum terjadinya kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi dapat membuat kita tertular. Disamping itu lingkungan sekitar juga berpotensi dalam menyebabkan penularan. Masa inkubasi virus ini adalah 1-7 hari setelah terinfeksi, dengan gejala-gejala berupa infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), demam tinggi (> 38 derajat Celcius), sakit tenggorokan mendadak, batuk, nyeri otot, sakit kepala, dan lemas mendadak.

4. Flu perut

Flu perut disebut juga dengan gastroenteritis yaitu suatu jenis infeksi pada sistem pencernaan, terutama usus dan lambung. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus (rotavirus) maupun bakteri (Campylobacter, Salmonella, dan Escherichia coli) yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Gangguan yang ditimbulkannya sangat bervariasi, dari mulai sakit perut ringan disertai diare, sampai diare dan muntah hebat terus-menerus selama beberapa hari. Umumnya, flu perut merupakan penyakit yang tidak berbahaya dan bukanlah masalah serius, dengan syarat asalkan cepat dilakukan penanganan selama sakit. Dalam waktu seminggu atau beberapa hari biasanya penderita telah sembuh kembali.

(RF)

Comment di sini