Pacaran Beda Usia, Idealnya Beda Berapa Tahun?

by

CiriCara.com – Memiliki kekasih yang usianya dua atau tiga tahun lebih tua dari Anda, merupakan hal yang biasa. Namun, bagaimana jika kekasih usianya 10 tahun lebih tua atau lebih muda dari Anda? Apakah Anda mau hidup bersamanya?

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa sudah banyak orang yang membina hubungan asmaranya dengan pria yang usianya berbeda jauh, jauh lebih muda ataupun lebih tua. Misalnya saja hubungan yang pernah dijalani oleh kedua selebriti Ibu kota ini, yaitu Raffi Ahmad dan Yuni Shara. Saat menjalin hubungan asmara, perbedaan usia mereka cukup jauh.

Dilansir Wolipop.Detik.com, Zoya Amirin, psikolog seksual mengatakan bahwa ada batasan usia yang harus diperhatikan jika ingin hubungan cinta tetap awet. Dia juga menjelaskan bahwa perbedaan usia antara pasangan sebaiknya jangan sampai lebih dari 14 tahun. Berbeda usia 14 tahun dengan kekasih akan memicu perceraian.

Namun, ada juga orang yang perjalanan cintanya tetap awet walaupun berbeda usia lebih dari 14 tahun. Hal tersebut dikarenakan ada faktor lain yang mendukung hubungan mereka. Apa saja faktor tersebut? Faktor yang pertama adalah seberapa banyak Anda dan pasangan mau melakukan penyesuaian.

Ada yang beranggapan bahwa hubungan akan sangat menarik ketika pasangan memiliki perbedaan. Namun, Zoya mengatakan bahwa jika perbedaan itu terlalu banyak, maka akan membuat hubungan jadi lebih sulit. Kondisi tersebut akan membuat pasangan harus terus melakukan penyesuaian sepanjang usia hubungan mereka. Jika tak bisa menyesuaikannya, maka hubungan akan kandas.

Namun, melakukan penyesuaian dengannya bukan dilakukan dengan cara yang terpaksa. Misalnya, saat pasangan bertengkar, salah satu pihak berkompromi karena terpaksa. Hal yang dilakukan tersebut merupakan cara yang salah. Jika hal tersebut terjadi, maka yang harus dilakukan adalah berkompromi sekaligus melakukan penyesuaian. Untuk itu, jalani apa yang sudah disepakati bersama tanpa merasa terpaksa.

Faktor pendukung kedua yaitu kesesuaian. Sebelum menjalin hubungan yang lebih jauh yaitu pernikahan, Anda perlu memperhatikan apakah si dia memiliki banyak kesesuaian atau kcocokkan atau tidak. Kesesuaian ini harus Anda lihat mulai dari secara sosial, spiritual, financial, dan seksual.

Dengan memperhatikan kedua faktor tersebut, hubungan asmara yang berbeda usia terlalu jauh akan langgeng. Namun, jangan juga Anda terlalu memaksa hubungan jika memang tak ada kecocokan dengannya. Jika Anda paksakan karena berbagai hal, maka akan berujung perceraian nantinya.

Sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa seseorang lebih menyukai orang yang usianya lebih tua. Alasan tersebut  antara lain agar bisa mengayomi, cenderung lebih dewasa dalam bertindak dan pemikiran, tidak banyak menuntut, dan mungkin karena lebih mapan. (NR)


comments powered by Disqus