Saksikan Gerhana 14 November 2012 via Live Streaming

by
November 13th, 2012 at 2:20 pm

CiriCara.com – Kalian tentu sudah mendengar desas-desus kalau pada tanggal 14 November 2012 (besok) akan terjadi Gerhana Matahari Total.

Gerhana matahari terjadi pada saat bulan melintas di antara Bumi dan matahari, sehingga cahaya matahari untuk beberapa wilayah yang sedang mengalami siang akan terhalang oleh bulan.

Jika jarak bulan dengan Bumi lebih dekat, maka bulan tampak lebih besar dari diameter matahari. Hal inilah yang mengakibatkan gerhana matahari total sehingga Bumi berada dalam keadaan gelap gulita.

Akan tetapi, jika terjadi gerhana matahari total, beberapa wilayah lainnya mungkin saja hanya dapat melihat gerhana matahari sebagian. Hal ini dikarenakan bentuk Bumi yang bulat dan terus berotasi.

Meskipun pada peristiwa gerhana matahari, sinar matahari terhalang oleh bulan, tapi kamu tetap tidak boleh melihatnya langsung dengan mata telanjang.

Para ilmuwan menyampaikan bahwa gerhana matahari yang akan terjadi esok hari, akan terlihat jelas pada letak geografis benua Australia. Khususnya di wilayah Great Barrier Reef, dan sepanjang 100 km di pesisir pantai timur laut Australia.

Sedangkan untuk wilayah Indonesia sendiri, hanya wilayah Indonesia bagian timur yang dapat menikmati gerhana matahari total itu.

Bagi kamu yang tertarik menyaksikan peristiwa gerhana matahari ini, tidak perlu repot-repot pergi ke Australia, sebab ada beberapa situs yang akan menyiarkan langsung gerhana matahari total 2012 tersebut.

Salah satunya adalah Slooh Space Camera. Mereka akan menyajikan live streaming dari situs berikut ini: http://events.slooh.com/

Selain Slooh, Tourism Tropical Queensland juga menyediakan satu situs khusus untuk melihat peristiwa gerhana matahari total tersebut, yakni http://www.ustream.tv/cairnseclipse2012.

(yk)

IB Times

Comment di sini