Verify Apps, Hansip Keamanan Baru Milik Android

by
November 13th, 2012 at 2:48 pm

CiriCara.com - Google Play sering disebut memiliki tingkat keamanan yang relatif  rendah bila dibandingkan dengan app market lain seperti App Store milik Apple. karena semua aplikasi dari berbagai pengembang bisa masuk dengan mudah tanpa ada sistem filterisasi andal.

Sistem filter yang lemah inilah yang biasanya dipakai oleh oknum-oknum pengembang nakal yang membuat aplikasi berbahaya dengan penyusupan malware dan virus. Banyak cara yang dilakukan oleh para pengembang nakal ini untuk mengeruk berbagai potensi data-data privasi dan penting miliki pengguna yang memakain aplikasi susupan tersebut.

Keresahan yang dialami oleh pengguna setia sistem operasi Android ini ternyata dijawab dengan cepat dan tegas oleh Google sebagai pengembang utama dari OS terpopuler di dunia ini. Google dengan sistem operasi Android Jelly Bean dengan versi teranyarnya merilis fitur bernama Verify Apps, yaitu fitur baru yang ditanam di dalam OS Android Jelly Bean versi 4.2 yang berguna sebagai fitur keamanan aplikasi.

Fitur Verify Apps ini berguna sebagai sistem filterisasi awal untuk aplikasi-aplikasi yang akan diinstal di ponsel pintar yang akan dihuninya.

Dari sekian banyak aplikasi Android yang beredar di Google Play memang tidak semuanya aman dari malware dan virus. Oleh karena itu, Google membeberkan sejumlah cara aman untuk mencegah masuknya malware dan virus tersebut di ponsel pintar yang dimiliki.

Salah satunya adalah jika Anda memiliki smartphone yang mendukung OS Android versi Jelly Bean 4.2 tersebut, Anda bisa memanfaatkan fitur ini sebagai pengaman utama untuk aplikasi yang akan diinstal.

Fitur utama yang diusung oleh Verify Apps ini adalah fitur pengecekan dan scanning secara real time platform yang dilakukan secara berkala dan otomatis. Fitur ini dipergunakan untuk memeriksa sebuah aplikasi yang akan dijalankan pada ponsel pintar yang Anda pergunakan. Nantinya fitur scanning ini akan berjalan mengecek adakah indikasi dari penyusupan malware dan virus yang sengaja ditanam di dalam aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, Verify Apps juga mendukung integrasi dengan fasilitas keamanan yang diaplikasikan atau disinergikan dengan Server Google Play Store yang secara real time melakukan scanning dan pengecekan terhadap indikasi malware dan virus yang ditanam pada sebuah aplikasi.

Nantinya Google Play Store akan terus-menerus melakukan analisa terhadap pengecekan aplikasi yang sudah terupload di App Store tersebut.

Tugas fitur Verify Apps ini dimulai ketika Anda akan menginstal sebuah aplikasi yang dipilih. Setelah itu secara otomatis ponsel pintar yang sudah terintegrasi tersebut akan mengirimkan signature aplikasi yang dijalankan ke server miliki Google Play Store.

Setelah data-data tersebut didapat oleh server Google Play Store kemudian akan secepatnya dilakukan analisa dan identifikasi melalui proses scanning yang dilakukan. Setelah dinilai tidak ada indikasi penyusupan malware dan virus maka proses instalasi bisa dilanutkan lagi ke langkah berikutnya.

Jika server Google mengindikasi adanya malware dan virus maka ponsel Anda akan mendapatkan pemberitahuan secara langsung bahwa aplikasi yang akan diinstal tersebut disusupi malware dan bersifat berbahaya dan pada saat itu juga Anda akan diberikan pilihan untuk membatalkan proses penginstalan atau akan mengambil resiko untuk tetap melanjutkannya. (AD)

 

Comment di sini