Ahok Sidak SD-SMA Thamrin Tempat Siswa Berduit

by
November 14th, 2012 at 4:33 pm

Detik

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melakukan inspeksi mendadak di sekolah unggulan MH Thamrin, Cipayung, Jakarta Timur, pagi tadi, Rabu, 14 November 2012.

Dalam kunjungannya itu, Ahok menegaskan bahwa siswa tidak mampu yang memiliki kecerdasan tinggi dapat masuk ke sekolah unggulan di Jakarta itu.

“Intinya saya juga nggak suka, ‘kalau uang tidak cukup jangan salahkan kami’, ada filosofi ‘anakmu sekolah di sekolah saya’. Saya ancam Saudara, saya (Wagub DKI) yang atur,” ujar Ahok dengan nada keras dan tegas seperti dikutip Detik.com.

Pernyataan Ahok ini dikatakan saat berada di ruang pertemuan sekolah unggulan MH Thamrin, Jl. Bambu Wulung, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Saat melakukan sidak, Ahok didampingi oleh Kadis Pendidikan DKI, Taufik Yudi Mulyanto dan Kepala Sekolah SD-SMAN Unggulan MH Thamrin beserta 40 guru

Keinginan Ahok selaras dengan keinginan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, yang ingin agar anak kurang mampu dan memiliki kecerdasan mendapatkan pendidikan berkualitas.

“Prinsip Pak Gubernur semakin kurang beruntung anak, maka harus mendapatkan pendidikan terbaik. Jadi anak yang dekat, sekolah yang dekat,” kata Ahok lagi masih kepada sumber yang sama.

Ahok berujar bahwa dana APBD yang dikeluarkan dari Dinas Pendidikan untuk menggaji seluruh guru di Jakarta adalah sebesar Rp.6,5 triliun. Mantan Bupati Belitung Timur ini membandingkan jumlah anggaran Jakarta dengan anggaran kota lain.

“Dinas Pendidikan mengeluarkan Rp 6,5 triliun untuk menggaji seluruh guru termasuk guru di sini. Jadi bayangkan, APBD Kota Surabaya itu Rp 5 triliun untuk anggaran pendidikannya. Solo itu Rp 3,5 triliun untuk 5 tahun, DKI buat bayar gaji thok Rp 6,5 triliun,” jelasnya.

Seperti biasa, dengan blak-blakan, Ahok dengan gamblang meminta guru-guru yang mengeluhkan gaji yang kurang untuk pindah ke sekolah swasta. Namun di akhir ceramahnya, Ahok mengatakan bahwa sekolah boleh mengajukan dana sebesar apapun asal masuk akal.

Sikap tegas Ahok yang melakukan sidak di sekolah unggulan lagi-lagi mendapat reaksi positif dari masyarakat. Sebelumnya Ahok juga bersikap tegas dan lugas saat memimpin rapat dengan Dinas PU DKI Jakarta. Rapat itu didokumentasikan dan diunggah lewat situs YouTube pada 8 November 2012 lalu. (RN)

Comment di sini