CiriCara: Cara Alami Mengembalikan Warna Rambut Beruban

by
November 14th, 2012 at 2:31 pm

CiriCara.com – Rambut beruban tentunya membuat penampilan seseorang menjadi kurang percaya diri. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat mengatakan bahwa faktor umur dan keturunan bisa menyebabkan rambut beruban. Selain itu, ada juga orang yang mengatakan bahwa stres bisa memicu tumbuhnya uban di rambut.

Padahal, rambut menjadi beruban ketika sel-sel melanosit di folikel rambut berhenti memproduksi melanin atau pigmen warna. Rambut yang kehilangan sebagian besar melanin akan berwarna abu-abu, sedangkan rambut yang kehilangan semua pigmen akan berwarna putih.

Rambut penuh uban ternyata bisa dikembalikan menjadi warna hitam alami dengan menggunakan ramuan alami. Anda tak usah repot-repot lagi pergi ke salon untuk mengecat rambut. Untuk membuat ramuan agar rambut bisa kembali hitam, Anda perlu mempraktikan resep berikut ini:

1. Teh herbal

1/2 teh herbal kering

2 gelas air

Caranya, Anda bisa merebus kedua bahan tersebut selama beberapa jam. Kemudian, saring dan bilas rambut dengan ramuan tersebut. Setelah rambut mengering, lalu Anda bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda bisa melakukannya setiap dua hari sekali.

2. Kulit kenari

walnut

2 gelas air

5-10 cangkang walnut hitam

Caranya, Anda rebus cangkang walnut hitam sampai menghasilkan cairan cokelat. Setelah mendidih, biarkan dingin atau Anda diamkan semalaman. Pada pagi harinya, Anda bisa menyaringnya dan balurkan ke rambut. Setelah dibalurkan ke rambut, Anda bisa menutupnya dengan shower cap agar noda tak terkena kulit dan pakaian,

3. Campuran rempah-rempah

1 sendok teh jahe bubuk, mustard kering, dan bubuk kari

1 ruas kunyit kecil

1 gelas air

Setelah bahan tersebut sudah siap, Anda bisa merebus campuran rempah-rempah tersebut. Biarkan air rebusan itu dingin, lalu Anda bisa balurkan ke rambut. Sekiranya sudah merata ke seluruh rambut, Anda mendiamkannya selama 30 menit.  Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan campuran air dingin dan cuka.

4. Kulit kentang

Ternyata kulit kentang bisa menyulap rambut beruban menjadi hitam. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu cukup merebus kulit kentang selama 30 menit. Setelah itu, biarkan dingin dan saring air rebusan untuk dibalurkan ke rambut. Sekiranya sudah merata, Anda bisa bilas dengan air bersih.

5. Campuran jus bit

Selain untuk menghilangkan rasa capek, jus bit juga bermanfaat untuk mengembalikan warna rambut. Anda bisa mencampurkan jus bit dengan teh hitam, kopi, atau cangkang kenari. Setelah itu, Anda bisa balurkan ke rambut dengan tangan. Diamkan setidaknya 30 menit, lalu Anda bilas dengan air bersih.

Itulah ramuan alami yang bisa Anda gunakan agar rambut beruban menjadi hitam kembali. Cara tersebut perlu Anda lakukan dengan rutin, setidaknya 2 hari sekali. Dengan begitu, warna rambut Anda akan kembali seperti semula dan penampilan pun jadi lebih percaya diri. (NR)

Comment di sini