CiriCara: Cara Memilih Sepatu yang Tepat Untuk Si Buah Hati

by
November 14th, 2012 at 3:53 pm

CiriCara.com – Memilih perlengkapan untuk si kecil, seperti pakaian, celana, sepatu, mainan, hingga aksesori merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi si ibu. Namun, membeli sepatu untuk dikenakan si kecil ternyata cukup sulit dan dibutuhkan kejelian. Pernahkah Anda merasakan hal seperti itu?

Saat Anda membelikan sepatu untuk si kecil, ternyata dia tak menyukainya atau malah terlalu kebesaran atau kesempitan dengannya. Hal terssebut dikarenakan ukuran kaki si kecil selalu berubah setiap 2 hingga 3 bulan. Jadi, sepatu yang Anda belikan hari ini, mungkin akan tidak pas lagi setelah tiga bulan kemudian. Agar hal tersebut tidak kejadian, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Mengajak si buah hati

Riset membuktikan bahwa kaki anak cenderung membesar atau membengkak pada siang hari. Untuk itu, Anda harus mengajaknya pergi membeli sepatu pada sore atau malam hari. Ajaklah si anak saat mood-nya sedang baik atau tidak mengantuk. Dengan begitu, si anak akan merasa senang karena ingin dibelikan sepatu baru oleh ibunya.

2. Patikan ukurannya tepat

Memastikan ukuran sepatu yang akan dikenakan merupakan hal yang penting. Hal ini dikarenakan kaki merupakan penopang keseimbangan dan postur tubuh. Untuk itu, mintalah pramuniaga mengukur kaki si anak agar bisa dipastikan ukuran sepatu yang pas untuknya. Selain itu, Anda juga bisa membelikan sepatu untuknya dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Tujuannya adalah untuk mencegah jari kaki anak berbenturan dengan sepatu yang dikenakannya serta memberi ruang gerak untuk pertumbuhan kakinya.

3. Pilih bahan sepatu dan sol yang tepat

Anda harus memilih sepatu dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti kanvas dan kulit. Kedua bahan tersebut merupakan bahan yang tepat untuk si buah hati. Selain itu, pastikan juga sol memiliki tekstur sehingga anak Anda tak mudah terpeleset. Jangan juga Anda memilih sepatu dengan detail hak karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang dan postur tubuhnya.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membelikan sepatu untuk si buah hati. Carilah sepatu yang tidak menggunakan tali pengikat karena menyulitkan ruang gerak kakinya sehingga bisa membuatnya terjatuh. Selain itu, Anda juga bisa memberikannya beberapa pasang sepatu untuk dicoba agar dia bisa menemukan sepatu mana yang nyaman dikenakannya. (NR)

Comment di sini