Penyebab Ahok Marah di SMANU MH Thamrin

by
November 14th, 2012 at 3:44 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok kembali marah pada bawahannya. Kali ini dia menduga adanya penyimpangan yang terjadi di SMA Negeri Unggulan MH Thamrin, Jalan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Ahok dengan tegas menyatakan bahwa ia tidak akan meloloskan semua bentuk penyimpangan di sekolah tersebut. Pasalnya, Ahok sudah mengetahui skenario dari penyimpangan di sekolah tersebut.

“Bapak hati-hati, saya ini auditor. Kalau sebelumnya bisa lolos, sama saya tidak bisa. Bukannya sombong, bapak mengelak terus dan saya bisa membaca otak bapak,” kata Ahok di ruang rapat sekolah unggulan di Jakarta tersebut, Rabu (14/11/2012).

Kemarahan Ahok itu dipicu oleh penjelasan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta dan pihak sekolah. Mereka tidak bisa menerangkan tentang kejelasan kontrak kerjasama dengan Surya Institute terkait bantuan tenaga pengajar.

Pihak sekolah dan komite menuding Disdik tidak mengurus perpanjangan kontrak kerjasama. Sedangkan Disdik menuding pihak sekolah karena tidak membuat konsep kerjasama yang jelas. Akibatnya, kedua lembaga ini saling tuding dan lempar kesalahan satu sama lain.

Mendengar penjelasan tersebut, Ahok pun menduga adanya penyimpangan dana. Pasalnya, pihak terkait tetap meminta dana kepada Pemda Jakarta, padahal kontrak dengan Surya Institute sudah putus. Menurut Ahok, kontrak tersebut telah melanggar hukum.

“Ini nipu Pemda dan DPRD. Kenapa kontrak putus tapi masih dianggarkan? Dan apakah guru-guru itu sudah keluar dari Surya Institute?,” ungkapnya, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/11/2012).

Selain itu, Ahok juga kecewa dengan pihak sekolah karena tidak menerima siswa miskin yang berprestasi. Pasalnya, saat ini sebagian besar siswa di SMANU MH Thamrin merupakan anak dari orangtua yang mampu.

(YG)