Ternyata Kopi Bisa Buat Orang Lebih Bahagia

by
November 14th, 2012 at 1:53 pm

CiriCara.com – Kebiasaan minum kopi tidak selamanya seburuk yang didengungkan oleh orang banyak. Memang, kecanduan minuman berkafein ini dapat menyebabkan beberapa penyakit, dan tidak cocok pada orang yang menderita tukak lambung/maag.

Namun, sebuah penelitian baru menyatakan bahwa kandungan kafein di dalam kopi mampu membuat orang merasa lebih bahagia sehingga berdampak pada keakuratan mereka dalam mengenali kata-kata yang lebih positif.

Apa benar kopi dapat berkhasiat sejauh itu?

Para peneliti asal Jerman, Lars Kuchinke dan timnya mengadakan penelitian pada 66 sukarelawan. Sukarelawan ini terbagi menjadi 2 kelompok, kelompok yang pertama diberi tablet yang mengandung 200 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi, sedangkan kelompok sukarelawan yang kedua diberi sebuah pil laktosa.

30 menit kemudian, para sukarelawan ini diminta untuk menyusun serangkaian huruf-huruf yang muncul di komputer menjadi kata-kata, secepat yang mereka bisa.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa sukarelawan yang sudah diberi tablet kafein itu, mampu menyusun huruf-huruf tersebut 7% lebih akurat dan tepat dibandingkan dengan kelompok sukarelawan yang hanya diberi pil laktosa.

Selain itu, sukarelawan yang diberi kafein dapat mengenali kata-kata positif lebih tepat di antara kata-kata lainnya.

Apa penyebabnya?

Kepada Dailymail.co.uk, Profesor Lars menjelaskan bahwa kafein menstimulasi salah satu bagian di otak yang menghubungkan pada hal-hal positif.

Selain penelitian yang sudah dilakukan oleh profesor Lars tersebut, adapula penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa orang yang gemar minum kopi dapat mengenali kata-kata, gambar, dan suara positif secepat mungkin dibandingkan hal-hal yang berbau negatif.

Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu suka minum kopi, asalkan masih dalam jumlah yang wajar, karena beberapa hasil penelitian dengan jelas menyebutkan bahwa kandungan kafein mampu menstimulasi saraf pada bagian otak yang menghubungkan pada hal-hal dan tindakan positif. (yk)

Daily Mail

Comment di sini