Aksi Saling Sindir Jokowi-Ahok dengan Sutiyoso

by
November 19th, 2012 at 5:06 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mulai mengkritik aksi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan juga wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menurut Sutiyoso, Jokowi-Ahok sudah saatnya menunjukkan aksi bukan hanya sekedar blusukan.

“Menurut saya, itu (aksi blusukan Jokowi) sudah cukup. Masalah yang dicari sudah diketahui, keadaan rakyat seperti apa sudah diketahui, kita tunggu action,” kata Sutiyoso, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (19/11/2012).

Selain itu, Sutiyoso mengaku masih belum bisa menilai kinerja dari Jokowi. Menurutnya, belum banyak prestasi yang berhasil diraih oleh mantan Wali Kota Solo itu. “Aksinya, kan, baru mengecat rumah susun dan membagikan kartu Jakarta sehat untuk membuktikan janji kampanye,” ujarnya.

Sutiyoso juga mengkritik aksi publikasi yang dilakukan oleh Ahok. Menurutnya, video rapat Ahok bersama dengan dinas Jakarta tidak perlu dipublikasikan ke Youtube. Ia menegaskan Ahok harus menjaga prinsip transparan yang tidak mempermalukan salah satu pihak.

“Enggak perlu seperti itulah (unggah video rapat ke Youtube),” ujar Sutiyoso saat menghadiri acara Milad ke-100 Muhammadiyah di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (18/11/2012) kemarin.

Menanggapi kritikan Sutiyoso, Ahok pun angkat bicara kepada media. Menurutnya, aksi blusukan Jokowi bertujuan untuk lebih kenal dengan masyarakat. Apalagi, Jokowi merupakan gubernur yang dipilih secara langsung oleh Masyarakat.

“Bang Yos (panggilan Sutiyoso) kan tidak dipilih secara langsung, makanya dulu enggak perlu blusukan ke kampung warga, cuma perlu ke DPRD,” sindir Ahok di Balai Kota, saat ditanya terkait sindiran oleh mantan gubernur itu.

Ahok menjelaskan, era Sutiyoso dengan Jokowi sangat berbeda, Jokowi dipilih langsung masyarakat, sedangkan Sutiyoso dipilih oleh anggota dewan. Jadi menurutnya wajar saja gaya Jokowi berbeda dengan gaya Sutiyoso.

“Era Bang Yos bukan pemilihan langsung, sekarang dipilih langsung oleh rakyat. Wajar Pak gubernur (Jokowi) blusukan ke kampung-kampung. Blusukan itu kan gaya kerja masing-masing pemimpin pasti beda lah,” tuturnya.

(YG)

Comment di sini