CiriCara: Cara Agar Si Jabang Bayi Bisa Tumbuh Cerdas

by
November 19th, 2012 at 4:21 pm

CiriCara.com – Memiliki anak yang cerdas tentunya diinginkan oleh hampir semua ibu. Jika Anda ingin memiliki seorang anak yang cerdas, maka perlu mempersiapkan kebutuhan dan nutrisi bayi sejak dalam kandungan. Selain mengonsumsi makanan sehat, ada beberapa hal lain yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan atau IQ bayi sejak di dalam kandungan.

Mengosumsi makanan yang sehat dan merangsang bayi yang masih berada di dalam kandungan memang bisa menciptakan koneksi di otaknya sehingga meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi bayi nantinya. Dilansir Onlymyhelath.com, inilah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan si bayi yang masih berada di dalam kandungan:

1. Mengajak ngobrol janin

Janin yang sedang berkembang dapat mendengar suara yang terjadi di luar rahim ibu pada minggu ke-23 kehamilan. Kemampuannya untuk mendengar memang masih terbatas, tapi ia bisa membedakan suara ibunya. Dilansir Health.Detik.com, ahli kesehatan dari NYU Brain Research Laboratories setuju bahwa bermain musik yang menyenangkan atau membacakan puisi untuk bayi saat ia masih berada dalam kandungan berguna untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berbicara.

2. Mengonsumsi makanan yang sehat

Saat sedang hamil, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan untuk si bayi. Makanan tinggi lemak omega-3 (nabati), seperti ikan berlemak tuna, salmon, dan ikan haring bisa meningkatkan perkembangan otak bayi. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan DHA, Anda disarankan untuk mengonsumsi unggas dan kuning telur. Makanan tinggi asam folat, seperti buah jeruk, brokoli, hati, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan juga bisa menghilangkan risiko cacat otak dan sumsum tulang belakang.

3. Memberikannya rangsangan

Cahaya redup bisa merangsang bayi saat diletakkan dekat dengan perut si ibu. Jangan memberikannya cahaya terang langsung di perut karena bisa membahayakan mata si bayi. Saat dirangsang, Anda akan merasakan responsnya, seperti ada gerakan menendang atau bergerak dalam perut. Menyentuh perut dengan lembut juga merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk merangsang si bayi.

4. Jangan stres

Saat hamil, jangan pernah Anda merasa stres. Stres yang Anda alami akan berdampak pada perkembangan bayi. Jika merasa stres dan cemas, maka akan membuat bayi cemas juga karena Anda berbagi hormon dengannya. Untuk menghindari stres, Anda bisa latihan yoga atau berjalan santai di pagi hari.

5. Hentikan kebiasaan tidak sehat

Saat hamil, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan. Jauhilah kebiasaan tidak sehat, seperti merokok, meminum minuman beralkohol, atau mengonsumsi obat-obatan karena bisa menghambat perkembangan otak bayi.

Cara tersebut bisa Anda terapkan pada saat hamil agar si anak nantinya bisa cerdas. Memiliki anak yang cerdas tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri bagi orangtua yang mendidik dan mengasuhnya. (NR)

Comment di sini