CiriCara: Cara Menghadapi Suami yang Mudah Berubah Mood

by
November 19th, 2012 at 5:00 pm

CiriCara.comMood yang mudah berubah-ubah tidak hanya terjadi pada wanita saja, tetapi juga pria. Beberapa pria bisa mengalami hal tersebut ketika mereka sedang stres atau menghadapi suatu permasalahan yang tak kunjung selesai. Ketika hal itu terjadi, terkadang membuat wanita ikut terpancing emosinya sehingga malah beradu argumen.

Padahal, menghadapi suami yang mudah berubah mood itu tidak harus dilawan dengan emosi. Anda perlu menahan emosi  diri sendiri agar tidak menimbulkan pertengkaran yang memanas. Berikut ada 5 cara yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi suami yang mudah berubah mood-nya:

1. Tanyakan langsung kepadanya

Daripada Anda mengomel dan beradu argumen dengannya, sebaiknya langsung saja tanyakan pada suami apakah dia sedang mengalami suatu masalah. Jika langsung mengatakannya, maka bisa diartikan bahwa dia memang mau terbuka dan ingin Anda segera membantunya. Namun, jika suami memilih bungkam dan mengatakan tidak ada apa-apa, maka cobalah untuk tidak terlalu memaksanya. Pemaksaan hanya akan membuatnya lebih pusing dan makin menjauh dari Anda. Untuk itu, biarkanlah sang suami menyendiri untuk beberapa waktu.

2. Memahaminya

Anda harus memahami bahwa terkadang seseorang termasuk suami Anda bisa tidak tahu apa yang sebenarnya menganggu mood mereka. Untuk itu, wajar saja jika suami tidak mengetahui dan bingung harus mengatakan apa pada Anda. Dia juga tidak mengerti apa yang membuatnya jadi mudah kesal.

3. Jadi pendengar yang baik

Perubahan mood pada pria sebagian besar disebabkan oleh stres pekerjaan.  Jadi sebisa mungkin saat dia di rumah jangan mengajaknya bicara mengenai pekerjaan dan kantornya. Pembicaraan mengenai topik pekerjaan bisa dilakukan jika dia sendiri yang mulai menceritakannya. Saat dia mulai terbuka, Anda harus menjadi pendengar yang baik dan jangan memberi nasihat sebelum diminta karena terkadang suami hanya membutuhkan teman curhat.

4. Berkata jujur kepadanya

Katakan pada suami jika perubahan mood-nya itu sudah mengganggu hubungan pernikahan Anda. Katakan juga kepadanya kalau Anda peduli padanya, tapi perubahan mood-nya tersebut terlalu membingungkan dan juga membuat stres. Usahakan Anda dan suami menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini.

5. Memeluknya

Saat suami memilih lebih banyak diam, Anda bisa memecahkan suasana dengan memeluknya. Katakan kepadanya kalau Anda sayang padanya. Dengan begitu, sang suami akan mau bercerita mengenai apa yang membuatnya emosi.

Itulah 5 cara yang bisa istri lakukan untuk menghadapi suami yang memiliki perubahan mood. Suami yang memiliki sikap seperti itu sebaiknya jangan dibalas dengan emosi karena hanya memperburuk suasana saja. Untuk itu, terapkan 5 cara di atas agar suami bisa berubah atau menceritakan permasalahannya pada Anda . (NR)

Comment di sini