Jokowi Tak Bisa Atasi Banjir Seperti Dewa

by
November 19th, 2012 at 3:41 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Banjir kembali menggenangi Jakarta karena intesitas hujan beberapa hari ini meningkat.

Joko Widodo atau Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa untuk mengatasi banjir di Jakarta bukan persoalan mudah dan cepat direalisasikan.

“Itu perlu proses yang namanya banjir dan macet, jadi jangan mengharapkan kaya dewa tinggal membalikkan tangan lalu masalah selesai. Dewa aja belum tentu bisa kok,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi, di Balaikota, Jakarta, 19 November 2012 seperti dikutip Inilah.com.

Menurut Jokowi, permasalahan banjir yang ada di Jakarta harus diselesaikan secara bertahap dan tidak bisa secara instan. Untuk menyelesaikan masalah banjir di Ibukota, warga Jakarta harus menunggu dan bersabar. Namun dirinya menegaskan bahwa langkah-langkah antisipasi terhadap banjir akan terus dilakukannya.

Sedangkan dalam waktu pendek, antisipasi dan penanggulangan yang dapat dilakukan adalah kerja bakti di seluruh titik, mengeruk selokan, dan membersihkan kali kecil di kampung-kampung.

Walau terkesan remeh namun usaha-usaha pembersihan sungai itu bisa mengurangi potensi banjir di Ibukota sambil menunggu langkah yang tepat untuk menanggulangi banjir dalam jangka panjang.

Gubernur DKI Jakarta ini juga menyatakan bahwa dalam jangka panjang nantinya masih ada banyak proyek yang harus dikerjakan seperti banjir kanal timur, Cengkareng drain, Kali Pesanggrahan, dan pembelokan air ke Waduk Ciawi. Untuk semua proyek ini, waktu yang dibutuhkan tidak sebentar.

Sementara itu warga Jakarta harus menyiapkan diri karena penanganan banjir belum maksimal walau Gubernur mereka telah berganti. (RN)

Comment di sini