CiriCara: Cara Agar Baterai Laptop Tetap Awet

by
November 20th, 2012 at 4:17 pm

CiriCara.com – Baterai laptop atau netbook terkadang menjadi suatu masalah bagi pemiliknya. Laptop atau netbook yang baru beberapa bulan dibeli ternyata baterainya sudah tidak tahan lama lagi. Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah kurangnya perawatan dan temperatur terlalu panas sehingga menyebabkan baterai laptop atau netbook jadi cepat habis bahkan tidak bisa dipakai lagi. Jenis baterai yang digunakan oleh kedua barang elektronik tersebut adalah lithium-ion yang mungkin sudah banyak ditemukan pada peralatan elektronik lainnya, seperti baterai ponsel. Berbeda dengan jenis NiCd, baterai lithium-ion ini lebih tahan lama dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan baterai NiCd yang dikenal beracun. Jika baterai laptop atau netbook yang Anda miliki tidak tahan lama, maka rawatlah dengan baik. Jika sudah tidak bisa terpakai lagi dan benar-benar boros, maka Anda pun harus menggantinya dengan yang baru. Agar baterai laptop atau netbook bisa tetap awet, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Isi baterai sampai penuh

Jika baterai masih baru ataupun penggunaan pertama kali, maka usahakan isi baterai secara normal dan penuh. Selain itu, jangan biarkan baterai laptop atau netbook sampai kosong. Sebelum baterai habis dan laptop mati, Anda harus segera mengisi baterai itu sampai penuh.

2. Hindari over charging

Terlalu lama mengisi bateraibisa membuat baterai tidak tahan lama saat digunakan. Jika sudah penuh, maka Anda harus segera mencabutnya agar baterai tetap awet.

3. Charge baterai secara rutin

Mengisi baterai secara rutin dan teratur tanpa harus menunggu baterai sampai habis bisa membuatnya lebih tahan lama.

4. Jaga suhu baterai

Pastikan juga suhu baterai tidak terlalu panas. Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Untuk itu, pastikan laptop mendapat ventilasi yang cukup saat digunakan. Jangan pernah meletakkan laptop yang menyala di atas bantal, apalagi jika ventilasi laptop berada di bawah.

5. Menggunakan coolpad

Usahakan menggunakan coolpad saat laptop dipakai. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara tetap lancar. Dengan menggunakan coolpad, bagian tertentu laptop bisa menjadi lebih dingin karena terkena kipasnya.

6. Hindari penggunaan lama

Jika Anda menggunakan laptop atau netbook lebih dari 6 jam, maka lebih baik dilepaskan saja baterainya. Menggunakan laptop dan baterainya dalam jangka waktu lebih dari 6 jam bisa membuat baterai laptop cepat bocor.

7. Simpan di tempat yang sejuk

Anda juga harus menyimpan baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering. Jangan membiarkan baterai Anda menganggur dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Sesekali, Anda bisa memakai baterai tersebut agar tidak kehilangan kapasitasnya.

8. Menggunakan software pembantu

Anda bisa menggunakan software pembantu untuk kinerja baterai laptop atau netbook, seperti battery care, HP battery checker, battery optimizer, dan lain sebagainya. Perlu diketahui juga bahwa semakin teraang layar Anda, akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Itulah tips yang bisa diberikan agar baterai laptop atau netbook bisa awet. Dengan menerapkan tips di atas, setidaknya Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli baterai laptop. (NR)

Comment di sini