CiriCara: Cara Aman Menggunakan Obat Nyamuk Bakar

by
November 20th, 2012 at 4:55 pm

CiriCara.com – Obat pengusir nyamuk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah obat nyamuk bakar. Obat nyamuk bakar banyak digunakan karena harganya lebih murah dibandingkan dengan obat anti nyamuk berbentuk cair yang beredar di pasaran.

Namun, menggunakan obat nyamuk bakar bisa menyebabkan mata menjadi perih dan sesak napas. Dilansir Starberita.com, Dr. Rita Kusriastuti, MSc, Direktur Pengendalian Penyakit Binatang (Dit P2B2), Ditjen PP dan PL Kemenkes mengatakan bahwa masyarakat menengah ke bawaah paling banyak menggunkan obat nyamuk bakar karena harganya terjangkau. Namun, perlu diperhatikan juga cara penggunaannya.

Bagaimana cara yang aman agar tetap bisa menggunakan obat nyamuk bakar? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

1. Ruangan harus memiliki ventilasi

Ruangan yang akan diletakkan obat nyamuk bakar harus ada ventilasinya sehingga sirkulasi udara cukup. Jika ruangan itu tidak terdapat ventilasinya, maka akan berdampak buruk pada kesehatan Anda, seperti sesak napas. Alangkah baiknya untuk meletakkannya searah dengan aliran udara sehingga tidak menganggu pernapasan Anda.

2. Letakkan dengan jarak paling dekat 1,5 meter

Jika Anda memiliki gangguan asma, maka gunakan obat nyamuk bakar pada sore hari sebelum masuk kamar. Dan, keluarkan obat nyamuk bakar ketika Anda hendak tidur agar tidak menganggu pernapasan.

3. Peletakkannya harus efektif

Anda bisa meletakkannya di bawah tempat tidur. Tujuan diletakkan di bawah tempat tidur adalah agar Anda tidak terkena asap dari obat nyamuk bakar tersebut. Obat nyamuk digunakan untuk membasmi nyamuk, bukan Anda. Untuk itu, Anda harus meletakkannya di bawah tempat tidur.

Meskipun hanya serangga kecil, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk sangat membahayakan, seperti demam berdarah dan malaria. Akibat ulah nyamuk tersebut sudah banyak orang di dunia yang kehilangan nyawanya. Untuk itu, menggunakan obat anti nyamuk merupakan salah satu solusi untuk mencegah gigitan nyamuk. (NR)

Comment di sini