CiriCara: Ciri-Ciri Orang Mengalami Nomophobia

by
November 20th, 2012 at 11:28 am

CiriCara.com – Ponsel, smartphone, dan tablet saat ini nampaknya bukanlah barang yang mewah lagi, melainkan menjadi barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Barang yang saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari itu ternyata membuat hampir setiap orang ketergantungan olehnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Securenvoy.com, saat ini muncul satu fenomena baru di mana terdapat sekelompok orang sangat takut berpisah dengan ponselnya. Hal tersebut dinamakan “Nomophobia” atau No Mobile phone Phobia. Nomophobia telah menjadi salah satu phobia yang populer saat ini.

Fenomena ini merupakan gambaran bagaimana teknologi bisa mengubah kehidupan manusia. Anda termasuk orang yang mengalami nomophobia? Untuk mengetahuinya, mari simak 7 ciri nomophobia berikut ini yang dicuplik dari Boldsky.com :

1. Sering mimpi kehilangan ponsel

Seseorang yang sering bermimpi kehilangan ponsel biasanya saat terbangun mereka akan panik. Ingat, mimpi merupakan cermin dari pikiran terdalam seseorang. Mimpi menunjukkan kepada seseorang mengenai pikiran yang terkadang tidak disadari.

2. Tidur bersama ponsel

Seseorang yang selalu tidur bersama ponsel merupakan salah satu ciri ia mengalami nomophobia. Sebagian besar orang kerap meletakkan ponselnya di bawah atau samping bantal. Bahkan, ada juga yang tidak bisa tidur karena belum memainkan ponselnya. Apakah Anda termasuk dalam salah satu ciri ini?

3. Cemas saat tidak menemukan ponsel

Anda merasa cemas ketika ponsel terselip dan tidak ditemukan. Kehilangan itu membuat Anda merasa tak  berdaya dan terus mencarinya. Merasa terpuruk jika tak ada ponsel? Jika iya, maka jangan-jangan Anda sudah terkena nomophobia.

4. Punya dua ponsel

Beberapa orang memutuskan untuk memiliki dua ponsel sebagai cadangan. Saat nomor yang satu tidak bisa dihubungi, tentunya orang lain bisa menghubungi ke nomor yang satunya. Selain itu, memiliki dua ponsel juga bisa dijadikan cadangan saat ponsel yang satu hilang. Namun, hal ini bisa diartikan bahwa Anda memang tidak bisa hidup tanpa ponsel.

5. Membawa ponsel ke kamar mandi

Anda tak pernah rela berjauhan dengannya. Bahkan, saat hendak mandi atau buang air pun Anda tetap membawa gadget yang satu ini. Sikap ini benar-benar menggambarkan bahwa Anda memang terkena nomophobia.

6. Bad mood gara-gara baterai lemah

Hampir setiap orang mengalami perubahan suasana hati yang drastis hanya karena sinyal baterai yang lemah, apalagi jika mereka sedang berada di luar. Perasaan kesal atau depresi tiba-tiba akan muncul begitu saja. Anda merasakan hal seperti ini? Hal tersebut merupakan petanda bahwa Anda menderita nomophobia.

7. Segera mengaktifkan ponsel setelah mendarat

Sikap ini mencerminkan bahwa betapa tersiksanya Anda ketika tak bisa menghidupkan ponsel saat berada di dalam pesawat. Setelah ponsel sudah dihidupkan, perasaan cemas itu pun akan sirna.

Jika mengalami minimal 4 dari 7 ciri di atas, maka kemungkinan besar Anda mengalami nomophobia. Ketakutan yang tidak wajar atas suatu hal akan berakibat buruk pada kondisi psikis seseorang. Untuk itu, sebaiknya Anda harus segera tangani kondisi tersebut. (NR)

Comment di sini