Jokowi: Masyarakat Jangan Terobos Jalan, Nanti Macet

by
November 20th, 2012 at 2:07 pm

Kompas

Jakarta (CiriCara.com) – Ibukota dilanda kemacetan parah kemarin Senin, 19 November 2012 akibat hujan deras yang mengguyur hampir seluruh area Jakarta dari sore hingga malam.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan penyebab kemacetan ini karena banyak warga yang menerobos jalan.

“Pengguna jalan saling terobos, Jadi masyarakat harusnya punya kesadaran. Kalau semua saling menerobos seperti itu pas hujan, jadi total berhenti seperti tadi malam,” kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 20 November 2012, seperti dikutip Merdeka.com.

Namun Jokowi juga membenarkan jika macet parah yang terjadi di Jakarta kemarin malam disebabkan karena derasnya hujan sehingga mobil, motor, dan kendaraan lain berhenti total di berbagai sudut kota Jakarta.

Ia juga mengkritik sikap warga Jakarta yang tidak bisa sabar dan terburu-buru untuk sampai ke rumah. Apalagi hujan kemarin masih berlangsung sampai jam pulang kerja dan membuat penumpukan kendaraan di berbagai jalan kota.

“Masyarakat itu harusnya sabar, antri, dan tertib. Tapi semuanya jadi cepet-cepetan mau pulang,” katanya lagi kepada Inilah.com.

Ruas jalanan ibukota yang terkena macet tadi malam adalah area Sudirman, Gatot Subroto, MT Haryono, dan beberapa ruas jalan lain. Selain jalan protokol, kemacetan juga menimpa sektor kereta api listrik.

Sinyal KRL yang melintasi Jabodetabek terganggu sinyalnya sehingga terjadi penumpukan KRL di mana-mana. Akibatnya komuter atau para pekerja yang pulang dari tempat bekerja terpaksa menunggu berjam-jam sampai kereta listrik kembali beroperasi. (RN)

Comment di sini