Kata Jokowi Saat Temui Sopir Angkot yang Demo

by
November 20th, 2012 at 4:38 pm

Kompas.com

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi akhirnya menemui pendemo yang merupakan para sopir angkot. Dalam penjelasannya, Jokowi menyampaikan dua hal kepada para sopir angkot.

“Saya hanya ingin menyampaikan dua hal,” kata Jokowi saat menemui sopir yang demo di depan Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/11/2012). Dengan berjalan kaki, Jokowi langsung naik mobil komando berisi sound system untuk menyampaikan penjelasannya.

Hal pertama yang disampaikan Jokowi adalah, masalah Perda Nomor 03 Tahun 2012 yang ditolak oleh sopir, itu dibuat sebelum ia menjabat sebagai gubernur. Karenanya, Jokowi akan kembali mempelajari Perda tersebut dan akan mengambil keputusan setelah mendapat rekomendasi dari DPRD.

“Setelah rekomendasi DPRD saya terima, detik itu saya akan buat Pergub untuk membebaskan, dengan catatan sudah ada rekomendasi dari Dewan,” ucap Jokowi saat berpidato di depan ratusan sopir angkot.

Hal kedua adalah, Jokowi mengatakan bahwa dirinya tidak bisa merubah Raperda yang ada di DPRD. Namun, ia mengaku akan berusaha untuk menyampaikan aspirasi para sopir angkot ke anggota Dewan saat Raperda nanti.

“Jadi saya sampaikan aspirasinya ke Dewan dan ke Kepala Dinas agar semangat melindungi yang kecil dipertahankan tapi masyarakat juga harus mau diatur dengan Dewan Daerah, mau tidak?” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, pihaknya tidak ingin jika Perda tersebut justru mematikan usaha masyarakat kecil dan malah menguntungkan untuk pemodal besar. Karenanya, Jokowi akan kembali mempertimbangkan perda tersebut.

Saat ini, ratusan sopir yang melakukan aksi mogok sudah membubarkan diri dengan tertib. Mereka membubarkan diri setelah mendengar penjelasan Wakil Ketua DPRD DKI, Triwisaksana yang menyatakan bahwa pembahasan Raperda Transportasi ditunda.

Sementara itu, akibat aksi mogok masal ini para penumpang banyak yang terlantar di tengah jalan. Mereka terpaksa memilih angkutan alternatif untuk sampai di tempat tujuan.

(YG)

Comment di sini