Keuntungan dan Kerugian dari Facial

by
November 20th, 2012 at 2:41 pm

CiriCara.comFacial merupakan salah satu perawatan wajah yang dilakukan seseorang agar senantiasa wajahnya terjaga kebersihannya, kesehatannya, serta kecantikannya. Mereka yang peduli mengenai kecantikan kulit wajah, pastinya akan teratur melakukan facial.

Seiring perkembangan zaman, facial bukan hanya dilakukan oleh para wanita, tetapi juga pria. Masalah pada kulit wajah, seperti berjerawat terkadang juga membuat beberapa pria untuk melakukan facial hingga wajahnya bersih dan tidak ada flek. Kulit kusam, flek pada wajah, pori-pori besar, dan jerawat merupakan sebagian masalah kulit wajah yang kerap dialami oleh pria maupun wanita.

Namun, perdebatan facial masih saja terjadi. Sebagian orang berpendapat bahwa facial sangat penting dilakukan untuk kecantikan wajah. Sedangkan sebagian lagi menentang pendapat mengenai facial tersebut. Lalu, benarkah efek facial sedemikian besarnya untuk wajah? Apakah facial merupakan solusi terbaik dari kondisi wajah yang berjerawat? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak keuntungan dan kerugian dari facial berikut ini:

1. Apa manfaat facial?

Facial fungsinya untuk membuat kulit wajah lebih bersih dan lembap. Pastikan petugas facial menggunakan peralatan yang bersih, seperti handuk, sarung tangan, dan khususnya peralatan yang digunakan untuk memencet lemak atau komedo. Selain itu, cari tahu juga prosedur facial yang tepat untuk jenis kulit Anda.

2. Apakah facial solusi terbaik untuk wajah berjerawat?

Hal ini tergantung pada tingkat keparahan jerawat. Jerawat pada orang dewasa biasanya ringan dan cenderung akan bersih sendiri. Namun, jika jerawat itu besar dan tiba-tiba muncul, maka Anda perlu mengunjungi ahli dermatologi. Jerawat yang ringan hingga sedang biasanya dirawat dengan obat-obatan luar yang mengandung benzoyl peroxide, antibiotik, atau bahan lain. Untuk mengetahuinya lebih pasti, sebelum melakukan facial Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli dermatologi.

3. Adakah pengaruh jangka panjangnya?

Kebanyakan ahli dermatologi meyakini bahwa facial tidak memiliki efek jangka panjang saat memperbaiki kondisi kulit atau mengatasi keriput. Di lain pihak, chemical peeling bisa menyebabkan kerusakan kulit yang parah jika dilakukan terlalu sering.

Setelah mengetahui apa itu facial, berikut alasan beberapa orang yang mengatakan bahwa facial tidak baik dilakukan:

1. Bisa merusak sel-sel kulit wajah.

2. Krim atau masker yang digunakan salon kecantikan mengandung banyak bahan kimia yang berpotensi merusak kulit.

3. Facial bisa merusak elastisitas alami kulit wajah sehingga kulit tampak kendur dan lebih cepat keriput.

4. Setelah facial, kulit wajah memang nampak cerah dan bersinar tapi hal tersebut hanya sementara saja.

Jenis kulit wajah yang dimiliki seseorang tentunya berbeda-beda. Jika tidak cocok melakukan facial, maka akan menimbulkan ruam-ruam merah dan membekas pada kulit. Sedangkan jika seseorang cocok melakukan facial, maka kulit wajahnya akan bersih dan bebas dari jerawat. Bukan hanya jerawat, komedo yang muncul akibat wajah tidak dibersihkan dengan benar juga bisa dihilangkan dengan metode facial. (NR)