6 Hal yang Wajib Didiskusikan Sebelum Menikah

by
November 21st, 2012 at 3:06 pm

CiriCara.com – Menikah sama saja menggabungkan dua pribadi yang berbeda hingga menjadi satu. Menggabungkan dua pribadi yang berbeda bukanlah hal yang mudah. Jika Anda memutuskan untuk segera menikah, maka harus siap lahir dan batin.

Pernikahan bukanlah hal yang sepele dan bisa dianggap remeh. Jika tak memiliki persiapan yang matang, maka akan banyak masalah yang terjadi saat sudah membina rumah tangga. Tentunya Anda tak mau kan mengalami hal tersebut? Untuk itu, tak ada salahnya sebelum menikah Anda harus menyamakan visi dan misi terlebih dahulu agar hubungan nantinya awet.

Selain itu, ada 6 hal lain yang wajib Anda bicarakan dengan pasangan sebelum menikah. Mau tahu apa saja hal wajib tersebut? Dilansir Allwomenstalk.com, inilah 6 hal yang wajib Anda bicarakan sebelum menikah:

1. Anak

Anak menjadi topik umum yang dibahas sebelum pernikahan. Pasangan yang belum menikah biasanya akan membahas anak, seperti ingin punya anak berapa?, kapan hamil?, dan lain sebagainya. Pastikan Anda sudah matang memikirkannya secara matang bersama sang kekasih.

2. Uang

Walaupun sudah menikah, memiliki cinta saja tidak cukup. Anda dan pasangan harus mendiskusikan masalah keuangan sebelum melangsungkan pernikahan. Dengan begitu, kalian akan memiliki pemahaman mengenai bagaimana cara mengelola uang dengan baik setelah menikah.

3. Keluarga

Menikah bukan hanya tentang Anda dan pasangan, tapi juga keluarga. Sebelum terjadi ketegangan atau masalah, pastikan Anda dan pasangan telah menentukan batasan mengenai keluarga. 

4. Tujuan

Apa rencana Anda setelah menikah? Setiap pasangan tentunya memiliki tujuan yang ingin diraih masa depan. Sebelum menikah, alangkah baiknya Anda dan pasangan menentukan rencana tersebut. Duduklah berdampingan dan tulislah tujuan hidup Anda dan si dia dalam waktu satu tahun, tiga tahun, atau lima tahun ke depan. Setelah selesai, bandingkan dan diskusikanlah dengannya. Daftar tujuan hidup ini akan menjelaskan visi dan misi masa depan keluarga nantinya.

5. Rahasia

Katakan rahasia apapun yang yang masih Anda pendam dari pasangan. Sebelum rahasia itu terbongkar, Anda harus jujur kepadanya. Perlu Anda ingat juga bahwa tak ada rahasia yang abadi. Jika Anda benar-benar mencintai seseorang, maka terimalah dia apa adanya.

6. Kualitas waktu

Satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menikah adalah bagaimana cara menghabiskan waktu bersama. Anda dan dia harus membicarakan ini dahulu sebelum menikah. Jangan sampai, setelah menikah malah sibuk dengan urusannya masing-masing dan tak ada waktu untuk bersama. Seberapapun sibuknya Anda atau dirinya, jangan lupakan kebersamaan kalian.

Itulah 6 hal yang wajib dibicarakan sebelum menikah. Jika Anda sudah matang untuk menikah, maka pernikahan itu akan menyenangkan dan bisa hidup bahagia selamanya dengan orang yang dicintai. (NR)

Comment di sini