CiriCara: Cara Aman Mengendarai Motor Saat Hujan

by
November 21st, 2012 at 1:05 pm

CiriCara.com – Musim hujan telah tiba dan tak sedikit kecelakaan yang terjadi akibat faktor cuaca yang tidak mendukung. Saat musim hujan, tentunya jalanan yang biasanya dilalui oleh para pengendara akan licin dan ada juga yang tergenang air. Masalah tersebut terkadang menimbulkan kecelakaan.

Musim hujan memang rentan terjadi kecelakaan. Untuk itu, Anda diminta untuk selalu waspada dan mematuhi aturan lalu lintas yang ada demi keselamatan para pengguna jalan lainnya. Dilansir Metro.News.Viva.co.id, Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya memberikan tips aman berkendara saat musim hujan:

1. Periksa semua lampu kendaraan

Sebelum keluar rumah, pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu lampu kendaraan. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar membantu Anda untuk melihat jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik karena membantu pengendaraa lain melihat kendaraan Anda.

2. Periksa kondisi ban

Anda perlu memeriksa kondisi tekanan udara pada ban dan kedalaman alur ban secara rutin, minimal seminggu sekali. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Anda melayang di atas air dan tergelincir pada saat hujan. Ban yang sudah tipis, sebaiknya Anda segera ganti karena bisa membahayakan diri sendiri nantinya.

3. Periksa kondisi utama komponen kendaraan

Komponen kendaraan itu, seperti kemudi, pedal rem, gas, dan kopling. Pastikan semua itu dalam kondisi baik dan Anda harus melakukan perawaatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Memakai alas kaki yang tidak licin

Saat mengendarai sepeda motor, pastikan juga Anda menggunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air, dan aman untuk berkendara. Selain itu, persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana karena lebih aman dibandingkan dengan yang berbentuk ponco.

5. Mengurangi kecepatan saat hujan

Permukaan jalan yang licin akibat bercampurnya oli dan air akan mudah membuat kendaraan tergelincir. Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik.

6. Jaga jarak aman

Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi jalanan yang kering.

7. Jangan sembarangan menerobos genangan air

Saat jalan tergenang air, Anda disarankan untuk tidak sembarangan menerobosnya karena tidak mengetahui kedalamannya. Jika sembarangan menerobos, maka akan mengakibatkan kendaraan Anda mogok atau terperosok lubang yang tergenang air tersebut.

8. Dorong ke tempat yang aman

Jika terjebak banjir dan sepeda motor mogok, maka matikan mesin kendaraan dan dorong ke tempat yang aman. Lebih baik dorong kendaraan ke tempat yang lebih aman, daripada sistem pengapian mengalami konsleting dan membuat kendaraan terbakar.

Itulah cara aman mengendarai sepeda motor saat musim hujan. Jika Anda peduli pada diri sendiri dan orang lain saat berkendara, maka keselamatan pun akan terjamin. (NR)

Comment di sini