Quadro Parkour, Sepeda Motor Roda Empat

by
November 21st, 2012 at 10:14 am

Cerro Maggiore (CiriCara.com) – Anda tentu sudah biasa mendengar sepeda motor beroda tiga ataupun roda dua. Ternyata, kini muncul pula sepeda motor baru yang mengusung empat roda. Sepeda motor ini diklaim sebagai yang pertama di dunia.

Sepeda motor beroda empat ini diberi nama Quadro Parkour. Kendaraan unik ini merupakan produk dari Kanada, sama seperti Paggio MP3 atau CanAm Spyder yang mempunyai tiga roda, masing-masing dua di depan dan satu di belakang.

Quadro Parkour ini mengusung sistem hydraulic tilting sama seperti yang digunakan Paggio MP3. Dengan sistem ini, dua roda bagian depan Quadro akan memiliki kemampuan untuk miring ke kiri dan kanan, sesuai dengan arah belokan. Hal yang sama juga berlaku untuk roda belakang.

Manager Quadro, Claudio Consonni menjelaskan, sepeda motor beroda empat akan membawa pengemudi ke tingkat kepuasan yang lebih. Pasalnya, butuh kemampuan khusus untuk mengendalikan keseimbangan Quadro Parkour yang hampir sama dengan sepeda motor roda dua.

Piaggio MP3, roda depan mampu miring dengan sudut yang cukup tajam (sistem hydraulic)

“Sepeda roda tiga sudah terbukti ampuh melibas tikungan dengan pengendalian sangat baik. Namun untuk roda empat, ‘feeling’ berkendara seperti sepeda motor roda dua lebih didapat,” ujarnya, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/11/2012).

Mengenai mesin, Quadro Parkour ini memiliki mesin satu silinder empat katup 346 cc berpendingin cairan yang akan mengeluarkan tenaga sampai 27 PS. Kecepatan maksimal sepeda motor otomatis ini mencapai 120 kpj. Bobotnya sebesar 250 kg, dan dilengkapi dengan tangki bensin besar ukuran 25 liter.

Untuk bisa mengendarai sepeda motor ini di jalanan, Anda harus memiliki SIM A. Kabarnya, sepeda motor beroda empat pertama di dunia ini akan meluncur pada November 2013 mendatang.

(YG)

Comment di sini