4 Dilema Ibu Saat Mengasuh Bayinya

by
November 22nd, 2012 at 10:06 am

CiriCara.com – Saat melahirkan buah hati, tentunya jadi kesenangan tersendiri bagi si ibu. Di balik kesenangannya itu, terkadang sang ibu juga merasa kewalahan saat mengasuh si bayi. Apalagi, jika sang ibu baru pertama kali memiliki seorang anak. Tentunya perasaan resah dan kewalahan itupun akan datang menghampirinya.

Kewalahan dan keresahan seorang ibu baru itupun, seperti bagaiamana meninggalkan si bayi saat ibu ingin mandi, haruskah selalu menciptakan ketenangan saat di rumah, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami dilema seperti itu, maka simak tips berikut ini yang dicuplik dari Babycenter.com:

1. Apakah ruang tidur si bayi harus selalu tenang?

Sebagian besar orangtua menginginkan suasana yang tenang saat berada di ruang tidur si bayi, terlebih saat dia tertidur. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya bayi yang baru lahir itu amat mudah terlelap, baik dalam suasana ruangan yang ramai maupun tenang. Namun, Anda juga harus membuat si bayi memahami perbedaan antara suasana siang dan malam hari. Misalnya, dengan memberikan cahaya yang lebih terang atau suasana ramai pada siang hari.

2. Bolehkah melakukan hal lain saat sedang menyusui?

Saat sedang menyusui si bayi, Anda boleh-boleh saja sambil melakukan hal lain, seperti menonton televisi, menerima panggilan masuk, ataupun berbicara dengan orang lain. Tapi saat sedang menyusui malam hari, usahakan Anda menciptakan suasana yang lebih tenang.

3. Bagaimana kalau si bayi ditinggal mandi si ibu?

Jika Anda hanya berdua dengan si bayi dan ingin segera mandi, maka letakkanlah dia di tempat yang aman, seperti bouncy set. Dengan begitu, si bayi akan aman walaupun sedang Anda tinggal maandi. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan bayi di tempat itu saat ingin melakukan aktivitas lain, seperti mengganti baju, mencuci baju, dan lain sebagainya.

4. Apakah tamu yang ingin melihat si bayi mengganggu?

Saat mendengar Anda sudah melahirkan, tentunya para kerabat akan berkunjung ke rumah untuk melihat si bayi. Biasanya, para kerabat yang datang jumlahnya sangat banyak dan Anda harus bisa membatasinya. Misalnya, mereka bisa melihat si bayi dengan cara bergantian. Jika terlalu ramai, maka akan menimbulkan kebisingan dan mengganggu ketenangan si bayi.

Itulah 4 dilema seorang ibu saat mengasuh bayinya. Setelah mengetahui tips di atas, tentunya Anda sudah tidak dilema lagi kan? Tetap rawat si bayi dengan baik agar bisa tumbuh sehat dan cerdas nantinya. (NR)

Comment di sini