Baju Tahanan KPK Disulap Jadi Modis Oleh Koruptor

by
November 22nd, 2012 at 3:26 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menyangka jika baju tahanan yang bertujuan untuk memberi efek jera pada koruptor, justru berubah jadi baju gaya yang terlihat modis. Hal ini sering dilakukan oleh para tahanan, khususnya wanita.

Lihat saja Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda S Goeltom. Wanita yang terlibat kasus suap di Bank Indonesia ini nampak modis dengan baju tahanan KPK yang ia modifikasi dengan ikat pinggang warna hitam. Miranda pun nampak percaya diri saat tampil di hadapan awak media.

Tahanan KPK lainnya, Angelina Sondakh juga sering tampil modis saat di hadapan media. Nampaknya meski menjadi tahanan KPK, mereka masih bisa berdandan dan menjaga penampilan. Kalau sudah begini, tentu para koruptor ini tidak akan jera.

“Baju tahanan itu simbol yang memberi efek jera, tapi justru dibuat modis sama dia (tahanan) dan dibuat keren,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda S Goeltom yang diduga terlibat dalam kasus dugaan penyuapan anggota DPR RI periode 1999-2004 dengan cek pelawat, dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

Johan menyadari, upaya KPK untuk memberikan sanksi moral terhadap para koruptor gagal total. Menurutnya, baju tahanan KPK yang dibuat justru disulap jadi baju modis. “Sehingga tujuan buat dia malu itu sebaliknya, malah buat dia cantik atau lebih seksi,” kata Johan kepada wartawan.

Sebelumnya, KPK membuat baju khusus untuk para koruptor agar mereka malu saat muncul di depan publik. Namun sayang, beberapa terdakwa kasus korupsi menolak untuk memakainya sedangkan yang lain malah memodifikasinya menjadi baju gaya.

Kalau baju tahanan KPK saja sudah dimodifikasi seperti ini, bagaimana mungkin para koruptor ini akan malu?

(YG)

Comment di sini