Baru Mulai Gencatan Senjata, 12 Roket Kembali Menyerang Israel

by
November 22nd, 2012 at 1:49 pm

Republika

Jerusalem (CiriCara.com) – Walaupun gencatan senjata antara Israel dan Hamas telah disepakati, namun beberapa jam kemudian roket-roket kembali ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.

Dilansir dari Detik.com, juru bicara kepolisian Israel membenarkan bahwa 12 roket ditembakkan ke wilayah Israel selang beberapa jam setelah tercapainya gencatan senjata.

Tetapi serangan melalui roket tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan karena roket-roket dari Gaza mendarat di tanah-tanah kosong wilayah selatan negeri yang dipimpin oleh Benyamin Netanyahu itu.

Perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Hamas dilaksanakan di Kairo, Mesir pada hari Rabu, 21 November 2012 malam. Melalui gencatan senjata itu Israel harus menghentikan seluruh kekejaman yang dilakukannya di darat, laut, dan juga udara termasuk serbuan dengan target individu-individu.

Sementara itu, Palestina juga harus menghentikan serangan roket dan serangan lainnya di sepanjang perbatasan. Melalui perjanjian ini juga, Israel dituntut untuk mengizinkan masuknya barang-barang ke Gaza setelah diblokade Israel sejak tahun 2007. Khaled Meshaal, pemimpin Hamas menyatakan bahwa dengan kesepakatan ini maka semua perlintasan ke Gaza akan dibuka.

Meshaal juga mengingatkan Israel untuk tidak melanggar perjanjian ini. Pihaknya akan setia menepati janji jika Israel juga menepati janji. Namun walau telah menyetujui gencatan senjata, Hamas akan tetap mempersenjatai diri mereka agar dapat menghadapi Israel jika sewaktu-waktu diserang. (RN)

Comment di sini