CiriCara: Cara Agar Anak Tak Terkena Pengaruh Buruk Internet

by
November 22nd, 2012 at 2:11 pm

CiriCara.com – Kini internet sangat mudah diakses oleh siapa saja, salah satunya yaitu anak-anak. Dengan adanya internet, anak-anak saat ini lebih mengisi waktu luangnya dengan membuka berbagai jejaring sosial di laptop atau komputer rumahnya. Kebiasaan yang dilakukan anak-anak tersebut terkadang membuat khawatir beberapa orangtua.

Ada kekhawatiran si anak akan melihat hal-hal yang tidak sewajarnya atau bahkan malah kecanduan menggunakan internet. Namun, jangan terlalu khawatir dahulu karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dilansir Sheknows.com, inilah 5 cara agar si anak tidak terkena pengaruh buruk internet:

1. Jangan tempatkan komputer di kamar anak

Jika Anda ingin mengawasi si anak, maka jangan meletakkan komputer di kamar anak. Ada baiknya jika meletakkan komputer di ruang keluarga saja agar bisa dipantau oleh anggota keluarga lainnya. Jika komputer diletakkan di kamar si anak, maka dia bisa dengan bebasnya membuka situs-situs yang seharusnya belum boleh diketahuinya.

2. Memeriksa akun media sosialnya

Sebagai orangtua, ada baiknya Anda mengetahui akun pribadi si anak. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengawasi perilaku dan pergaulan si anak. Anda bisa mengawasinya dengan cara membuat akun lain agar bisa mengetahui aktivitasnya di jejaring sosial.

3. Ajari mengenai peraturan saat mengakses internet

Sebagai orangtua, Anda juga harus memberi pengetahuan kepada anak agar dia tetap aman menggunakan internet. Misalnya, mengingatkan mereka agar tidak memberikan password kepada orang yang tidak dikenal dan mengingatkan dia untuk tidak merespons orang yang tidak dikenalnya di dunia nyata. Setelah memberitahukannya, Anda juga harus memberitahukan alasannya agar si anak benar-benar mengerti dan menuruti apa yang dikatakan.

4. Ajari untuk tidak memberikan alamat rumah

Selain mengajari anak mengenai peraturan saat mengakses internet, Anda juga harus mengajari anak untuk tidak memberikan alamat rumah kepada orang yang tidak dikenal. Hal ini memang terdengar konyol, tapi harus Anda tetap lakukan. Perlu Anda ketahui bahwa penculikan berawal dari saling bertukar alamat rumah.

5. Menggunakan internet software monitoring

Software ini bisa Anda gunakan untuk memantau kegiatan anak-anak. Anda bisa mengecek situs internet yang sering dikunjungi, download, dan chatting. Info tersebut bisa didapat karena akan secara otomatis masuk ke email pribadi Anda.

Itulah cara menjaga anak agar dirinya tidak terpengaruh buruk oleh internet. Jika si anak kecanduan menggunakan internet, maka akan berdampak buruk pada perkembangan psikologisnya, seperti menyebabkan rasa malas, kurang konsentrasi belajar, dan malas diajak berdialog. (NR)

Comment di sini