CiriCara: Cara Cepat Agar Bebas dari Utang

by
November 22nd, 2012 at 3:11 pm

CiriCara.com – Kondisi saat ini memang sulit untuk menghindari yang namanya utang, baik untuk keperluan sehari-hari, modal bisnis, ataupun untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup kita. Memiliki utang saat menjalani kehidupan sebenarnya bisa membuat stres jika tak mampu melunasinya.

Namun, melunasi utang dengan cepat memerlukan beberapa perencanaan yang baik dan disiplin. Siapa yang tak mau terbebas dari utang? Hampir sebagian besar orang tentunya ingin hidup bahagia dan terlepas dari berbagai utang. Dilansir Ehow.com, inilah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk sedikit terbebas dari utang:

1. Pastikan berapa banyak utang Anda

Anda harus mengumpulkan semua tagihan terlebih dahulu, seperti kartu kredit, pinjaman dan lainnya. Lalu, jumlahkan besar utang yang Anda miliki keseluruhan untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Setelah itu, tuliskan pembayaran minimum, tanggal jatuh tempo, dan tingkat suku bunga untuk masing-masing utang. Bila perlu, hubungi kreditur untuk menegosiasikan suku bunga yang lebih rendah karena bisa menurunkan beban utang Anda.

2. Membuat rencana pembayaran kembali

Lakukan pembayaran minimum untuk semua kreditor Anda. Selain itu, agar bisa melakukan pembayaran dengan cepat, Anda bisa mencari pekerjaan lain sebagai pemasukan tambahan. Dengan memiliki pemasukan tambahan, tentunya utang yang dimiliki akan cepat terlunasi.

3. Meninjau pendapatan dan pengeluaran

Anda bisa menuliskan dan memeriksa kembali pendapatan dan pengeluaran dengan hati-hati agar bisa menutup dan membayar semua utang. Selain itu, cari juga kesempatan untuk menambah penghasilan, seperti mengubah hobi menjadi kegiatan yang menghasilkan uang atau membuka bisnis kecil-kecilan.

4. Semua penghasilan dibayarkan untuk melunasi utang

Jika ingin cepat melunasi utang, maka Anda harus bisa menggunakan penghasilan untuk membayar utang. Pakailah penghasilan utama Anda untuk melunasi utang dan biaya hidup selanjutnya memakai uang dari hasil bisnis atau penghasilan tambahan.

5. Minimalis utang

Jika Anda sudah melakukan keempat langkah di atas, maka utang yang dimiliki lama-kelamaan akan lunas. Dengan begitu, hidup Anda akan terasa lebih bahagia karena terbebas dari utang.

Memiliki utang sebenarnya bisa membuat diri Anda menjadi stres jika tidak mampu membayarnya. Agar tidak memiliki utang saat menjalani hidup, Anda perlu mengelola uang dengan baik. Mengelola uang dengan baik tentunya juga akan membuat Anda sukses di masa yang akan datang. (NR)

Comment di sini