Israel Ancam Lakukan Balasan ke Hacker Indonesia

by
November 22nd, 2012 at 3:52 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kecaman terhadap Israel yang menyerang Jalur Gaza, Palestina tidak hanya datang dari dunia nyata namun juga dunia maya.

Dengan alasan solidaritas terhadap sesama negara Muslim, hacker Indonesia lalu menyerang beberapa server dan situs milik negara Yahudi tersebut.

Namun Israel tidak tinggal diam saja, Otoritas Keamanan Internet Indonesia (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/IDSIRTI) mengabarkan tentang pemberitahuan dari otoritas Internet Israel, bahwa mereka akan menyerang balik DNS server Indonesia. Serangan ini rencananya akan menyerang domain-domain website berakhiran .id.

Diberitakan oleh Merdeka.com, Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Andy Budimansyah telah mendengar informasi ini. Tetapi pihaknya mengatakan belum menemukan penyerangan hacker Israel ke domain Indonesia lewat hasil pemeriksaan sementara.

“Sejauh ini belum ada serangan (ke domain-domain .id), tapi kemarin memang ada notifikasi dari First Org, itu lembaga semacam IDSIRTI-nya Israel,” katanya seperti dikutip Merdeka.com, Kamis, 22 November 2012.

Setelah mendapatkan balasan, hacker Indonesia sudah berhenti menyerang situs-situs Israel. Namun untuk berjaga-jaga, PANDI telah berkoordinasi dengan operator DNS untuk mengawasi kejadian buruk yang mungkin terjadi.

“Kita monitor karena DNS kita tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri, kita koordinasi dengan DNS yang dikelola Indosat, di GPN, di Australia, kita minta mereka membantu pemantauan, jika terjadi serangan kita usahakan ditutup (DNS server itu) sementara,” paparnya lagi masih kepada sumber yang sama.

Langkah hati-hati, menurut Andy juga harus dipersiapkan secara maksimal. Walaupun pihaknya mengatakan bahwa DNS sudah tersebar, namun serangan balik hacker Israel bisa sangat merugikan. DNS di sini akan menghubungkan pengguna internet dengan domain .id. Apabila server ini mati maka domain .id milik Indonesia tidak bisa diakses.

Dampak merugikan mungkin akan dialami oleh server banking dan berbagai website yang melayani masyarakat. DNS server untuk domain .id tersebar di berbagai kota dan dikelola oleh perusahaan swasta tapi titik terbanyak server domain .id terdapat di Jakarta.

Semoga saja ancaman Israel ini hanya berupa gertak sambal belaka, karena jika aksi balas dendam berlangsung maka tidak dipungkiri aksi susulan yang lebih parah akan terjadi. (RN)

Comment di sini