Mesir Jadi Mediasi Gencatan Senjata Hamas dan Israel

by
November 22nd, 2012 at 9:41 am

Global Post

CiriCara.comKonflik antara Palestina dan Israel dipastikan akan segera mereda setelah Mesir memutuskan untuk menjadi mediasi konflik yang telah berlangsung selama delapan hari itu.

Konflik berdarah ini telah menewaskan sekitar 162 warga Palestina dan lima orang warga Israel. Mohamed Kamel Amr, Menteri Luar Negeri Mesir menyatakan bahwa mediasi telah menghasilkan kesepakatan gencatan senjata untuk menghindari pertumpahan darah yang lebih parah.

Diberitakan oleh Detik.com dari Reuters, genjatan senjata ini akan memberikan waktu kepada 1,7 juta warga Gaza untuk terbebas dari serangan udara yang membabi buta.

Allahu Akbar! Allahu Akbar!” takbir terus bergema dari berbagai pengeras suara masjid di kawasan konflik itu sesaat setelah genjatan senjata diumumkan.

Tidak hanya takbir yang menggema, kembang api yang meriah turut menghiasi langit dan jalanan Gaza. Sementara itu bendera-bendera Palestina mulai dikibarkan di berbagai penjuru. Genjatan senjata ini disambut gembira oleh para pemimpin Hamas dan berterimakasih kepada Mesir.

Sementara sebagai penengah, Hillary Clinton, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Mesir, Mohamed Mursi atas hasil mediasi ini.

Kekejaman perang yang terjadi antara dua kelompok ini menyisakan penderitaan bagi kedua belah pihak. Dampak dari perang brutal itu bahkan terekam oleh kamera wartawan dengan kesimpulan bahwa perang tidak akan pernah membawa dampak baik. (RN)

Comment di sini