Apa Kata Jokowi Soal Banjir Kali Pesanggrahan?

by
November 23rd, 2012 at 3:06 pm

Jakarta (CiriCara.com)Banjir mulai melanda Jakarta sedangkan Jokowi baru genap 39 hari menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Apa tanggapannya mengenai banjir akibat luapan Kali Pesanggrahan yang terjadi kemarin, Kamis, 22 November 2012?

Pria kurus yang mrupakan Mantan Walikota Solo ini menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pengerukan di Kali Pesanggrahan namun prosesnya belum selesai saat hujan datang.

“Ini kan baru proses pengerjaan, tapi keduluan banjir. Itu kan sudah pengerukan. Kamu nggak pernah ikut ke sana sih,” ujar Jokowi saat menyambut kedatangan Presiden SBY dari Pakistan, di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Jumat 23 November 2012 seperti dikutip Detik.com.

Solopos

Jokowi juga mengatakan telah mengecek kesiapan Kali Pesanggrahan saat menghadapi banjir nanti termasuk mengadakan simulasi di lapangan. Dia juga telah meneliti kesiapan daerah yang terkena banjir termasuk urusan logistik serperti distribusi perahu karet dan bantuan lainnya.

Melihat banjir yang sudah mengintai Jakarta ini, Jokowi mengusulkan agar pengerukan dan pembuatan tanggul di Kali Pesanggrahan harus dipercepat walau masih harus menunggu hingga musim kemarau nanti.

Kali Pesanggrahan menyebabkan banjir di kompleks perumahan warga termasuk rumah Kak Seto di Cirendeu Permai, Ulujami, dan Komples IKPN di Bintaro, Jakarta Selatan.

Sementara itu menurut perkiraan BMKG, dalam beberapa hari ini Jakarta masih akan terus diguyur hujan dan angin kencang, sehingga warga diharap waspada. (RN)

Comment di sini