CiriCara: Cara Agar Tetap Dekat dengan Anak Walau Diasuh Babysitter

by
November 23rd, 2012 at 4:22 pm

CiriCara.com – Para ibu yang sibuk bekerja, memilih memakai jasa babysitter untuk mengasuh anaknya. Babysitter dipercaya untuk dapat mendidik, memberinya makan, mengajaknya bermain, dan lain sebagainya. Namun, terkadang beberapa ibu kerap merasa sedih karena ternyata anaknya lebih dekat dengan si pengasuh. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Terkadang ada anak kecil yang lebih ‘klop’ dengan pengasuhnya daripada sama kedua ortangtuanya. Keakraban yang terjalin antara si anak dan si pengasuh cukup membuat orangtuanya sedih. Padahal, hal tersebut terjadi karena kesalahan dari orangtuanya sendiri. Walaupun diasuh oleh babysitter, para orangtua seharusnya lebih mendekatkan dirinya pada anak.

Bukan hanya itu, ada cara lain yang harus Anda lakukan agar bisa dekat dan akrab dengan anak walau diasuh oleh babysitter. Apa saja? Dilansir Wolipop.Detik.com, seorang psikolog, Anna Surti Ariani memberikan tips untuk Anda:

1. Tetap bermesraan dengan si kecil

Anda memiliki waktu luang di rumah lebih banyak, tapi tidak akrab dengan si anak. Hal tersebut tentunya tidak akan membuat Anda akrab dengan si anak. Untuk itu, manfaatkanlah waktu untuk bermesraan dengan anak, seperti mengajaknya bercanda, bermain dengannya, menuruti kemauannya, dan lain sebagainya. Mekskipun hanya 2 atau 3 jam, tapi Anda sudah menciptakan keakraban dan membuat si anak merasa senang.

2. Tidur bersama si kecil

Jangan biarkan si anak terlalu sering tidur bersama si pengasuhnya. Alangkah baiknya ayah dan ibunya tetap tidur bersamanya. Tidur bersama si anak bisa mengasah sensitivitas orangtua dengan buah hatinya. Dengan begitu, si anak akan tetap merasa akrab dengan kedua orangtuanya.

3. Menghabiskan waktu bersama di akhir pekan

Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu menghabiskan waktu bersamanya di akhir pekan. Walaupun ada babysitter-nya, Anda harus tetap bermain dan bercanda tawa dengan si anak. Bila perlu, berikan libur si babysitter agar dia juga bisa merasakan sedikit ketenangan.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan agar si anak tetap akrab walaupun diasuh oleh babysitter. Selain itu, untuk membuat anak merasa nyaman, Anda juga disarankan untuk tidak bergonta-ganti babysitter. Bergonta-ganti babysitter akan berpengaruh negatif terhadap pembentukan konsep dirinya, kepercayaan dirinya, dan kemandiriannya. Terapkanlah 3 cara di atas agar bisa tetap dekat dengan anak dan menciptakan suasana keluarga yang selalu harmonis. (NR)

Comment di sini