CiriCara: Cara Menghadapi Bahaya Banjir

by
November 23rd, 2012 at 11:35 am

CiriCara.com – Saat ini intensitas hujan sudah mulai meningkat. Hampir setiap hari, Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan deras. Akibat turun hujan yang terlalu sering mengakibatkan banjir di Ibu kota ini. Banjir selalu melanda Jakarta, terutama saat musim hujan.

Namun, sebelum terjadi banjir ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, seperti bekerja bakti membersihkan saluran air, melaksanakan 3M (Menguras, menutup, dan menimbun) benda-benda yang dapat menjadi sarang nyamuk, membuang sampah pada tempatnya, dan menyediakan bak penyimpanan air bersih.

Dengan melakukan antisipasi, setidaknya Anda akan sedikit lebih merasa nyaman walau banjir akan datang dan agar tidak mengalami berbagai penyakit. Selain itu, Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat terjadi banjir dan pasca banjir. Apa saja? Untuk mengetahuinya mari Anda simak tips berikut ini:

Saat Banjir

1. Selamatkan diri ke tempat aman

Saat terjadi banjir, Anda dan keluarga harus menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. Carilah tempat yang lebih tinggi, seperti lantai 2 rumah jika rumah Anda bertingkat atau segera mengungsi ke rumah saudara yang tidak terkena banjir. Namun, jika ingin meninggalkan rumah, Anda harus lapor terlebih dahulu kepada ketua RT setempat.

2. Matikan sumber listrik

Jangan lupa juga untuk mematikan berbagai peralatan listrik, seperti televisi, radio, kipas angin, dan peralatan listrik lainnya. Selain itu, putuskan juga sumber listriknya. Selain itu, hubungi juga pihak PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terkena banjir.

3. Amankan dokumen penting

Selain memgamankan diri, Anda juga harus mengamankan berbagai dokumen penting, seperti akte kelahiran, KK, Ijazah, dan dokumen penting lainnya. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman dan tidak akan terkena air.

4. Ikut mendirikan tenda pengungsian

Saat megalami bencana, seperti banjir Anda harus bisa berbaur dengan warga lainnya. Untuk itu, bantulah mereka ketika mendirikan tenda pengungsian karena buat Anda juga. Saat mendirikan tenda pengungsian, biasanya juga akan dibuatkan dapur umum.

5. Mengusulkan untuk mendirikan pos kesehatan

Dampak banjir biasanya akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti gatal-gatal, diare, demam berdarah, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan berbagai penyakit kulit lainnya. Untuk itu Anda disarankan agar mengusulkan warga sekitar untuk mendirikan pos kesehatan. Tujuannya adalah agar orang-orang yang sakit bisa segera diobati.

6. Menggunakan air bersih dengan efisien

Mendapatkan air bersih saat terjadi banjir memang cukup sulit. Untuk itu, Anda harus menggunakannya dengan efisien. Perlu diingat juga bahwa yang membutuhkan air bersih bukan Anda saja, tetapi juga warga sekitar.

Itulah 6 cara yang bisa Anda lakukan saat terjadi banjir. Setelah banjir, Anda pun harus melakukan berbagai hal lagi. Apa saja? Inilah 4 hal yang harus dilakukan pasca banjir:

1. Membersihkan tempat tinggal dan lingkungan rumah

2. Melakukan pemberantasan sarang nyamuk

3. Terlibat dalam kaporitisasi sumur gali

4. Terlibat dalam perbaikan jamban dan saluran pembuangan air limbah

Itulah cara yang bisa Anda lakukan saat menghadapi banjir. Banjir yang terjadi di Jakarta sebenarnya ulah dari manusianya sendiri. Agar wilayah Anda tidak mengalami banjir, sebaiknya melakukan pencegahan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran air secara berkala, dan menanam pohon di sepanjang aliran sungai. (NR)

Comment di sini