Ini Penyebab Banjir Jakarta

by
November 23rd, 2012 at 4:48 pm

Jakarta (CiriCara.com)Musim hujan di Ibukota memang selalu mendatangkan masalah. Banjir yang baru saja terjadi di area sekitar Sungai Ciliwung dan Pesanggrahan rupanyaa disebabkan oleh besarnya aliran air yang masuk ke sungai tersebut.

Sementara itu, kapasitas kedua sungai sudah tidak mampu lagi menampung debit air akibat sedimentasi dan penyempitan alur sungai. Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) membenarkan penyebab banjir itu.

Diberitakan oleh SuaraMerdeka.com, Sutopo juga menjelaskan bahwa luas Daerah Aliran Sungai (DAS) Pesanggrahan adalah selebar 177 km2. Sementara hampir 70 persen kawasan itu terbangun dari luas DAS-nya.

Di bagian hilir sungai, pemukiman padat telah dibangun di atas sekitar 45 persen dari luas DAS. Daerah hilir yang dihuni pemukiman padat dimulai dari Kebayoran Lama, Kedoya, dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

VIVAnews

Menurut Sutopo lagi, kawasan resapan air juga minim sehingga hujan yang turun hampir 70 persen meluber ke permukaan karena sungai hanya mampu menampung 40 persen dari debit banjir yang ada. Sementara sisanya menjadi banjir dan menggenangi pemukiman warga.

Banjir yang terjadi di Jakarta menimbulkan dampak yang signifikan. Tidak hanya ratusan rumah terendam, kemacetan akibat banjir juga terjadi dimana-mana.

Menanggapi hal ini, Jokowi berujar bahwa pihaknya telah melakukan pengerukan di area sungai namun mengalami kendala saat hujan turun.

“Ini kan baru proses pengerjaan, tapi keduluan banjir. Itu kan sudah pengerukan. Kamu nggak pernah ikut ke sana sih,” seperti dikutip Detik.com. (RN)

Comment di sini