Video: Fakta Kunjungan Kerja DPR ke Jerman

by
November 23rd, 2012 at 11:00 am

Detik

Jakarta (CiriCara.com) – Setiap gerak-gerik anggota DPR kini hampir mudah dipantau termasuk ketika bertandang ke Jerman beberapa hari lalu.

Kunjungan para anggota Badan Legislatif DPR RI itu rencananya ditujukan untuk membahas Rancangan Undang-Undang Keinsinyuran. Namun menurut sejumlah saksi dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Berlin, Jerman, kunjungan tersebut hanya akal-akalan belaka.

Kunjungan yang menghabiskan biaya sebesar Rp. 2,3 miliar itu bahkan telah dikabarkan salah alamat karena tidak sesuai dengan tujuan semula tentang pembahasan rancangan undang-undang keinsinyuran. Mereka justru menemui DIN (Deutsches Institut für Nörmung) yang notabene mengurusi standardisasi produk.

Para pelajar yang tergabung sebagai anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) menyaksikan dan merekam setiap kegiatan para anggota Dewan selama berada di Jerman termasuk saat rapat dengan DIN. Pada 21 November 2012 kemarin, melalui situs YouTube, PPI dalam akun PPIBerlinPers mengunggah rapat yang terlihat berlangsung sangat kaku.

Dilansir dari Tempo.co, video dengan judul [PPI Berlin] Fakta Kunker Baleg DPR-RI ke DIN (Deutsches Institut für Nörmung) itu berdurasi sepanjang 16 menit. Di awal video, anggota PPI terlihat menyambut rombongan anggota Dewan yang akan mengadakan rapat dengan DIN.

Lalu dalam video tersebut, acara rapat dimulai disertai dengan teks sebagai keterangan. Teks yang tertulis di sepanjang video menggambarkan bahwa suasana rapat tidak terkoordinasi dengan baik. Apalagi saat itu panitia rapat mendadak menunjuk penerjemah untuk membantu mereka. Anggota PPI bahkan ikut sedikit membantu menjadi penerjemah.

Namun menanggapi hal ini, Marzuki Alie sebagai Ketua DPR RI tidak banyak berkomentar. Beliau justru setuju jika acara studi banding yang salah sasaran itu diselingi dengan acara plesir atau jalan-jalan karena dianggap akan memperluas wawasan anggota Dewan.

Dan inilah video rapat anggota DPR RI dengan DIN di Berlin berikut keterangan yang tertulis dalam teks nya:

(RN)

Comment di sini