10 Film Horor yang Bisa Membuatmu Mati Berdiri

by

CiriCara.com - Apa yang dicari orang dari menonton film horor? Tentu sensasi seram dan menakutkan yang disajikan oleh film yang ditonton.

Banyak film horor produksi Indonesia maupun buatan mancanegara yang ditayangkan di bioksop-bioskop Indonesia. Kepingan cakram film bergenre horor pun gampang ditemui di toko yang menjual film berformat DVD entah asli entah bajakan.

Kalau kamu adalah penggemar film horor, pasti punya film favorit yang kisah dan jalan ceritanya menimbulkan kesan mendalam setelah kamu tonton. Berikut adalah 10 film horor yang paling menyeramkan hingga sulit dilupakan:

1. The Exorcist (1973)

Film ini diadaptasi dari novel “The Exorcist” tahun 1971 karya William Peter Blatty. Film bergenre horor ini mengisahkan seorang gadis 12 tahun, Regan MacNeil, yang kerasukan setan dan upaya sang ibu untuk mengeluarkan setan itu dari tubuh putrinya dengan meminta bantuan 2 imam Katolik untuk melakukan eksorsisme atau ritual pengusiran setan. Namun upaya itu tidaklah mudah. Pertarungan melawan roh jahat itu menjadi bagian yang sangat mengerikan dalam film ini.

2. Friday The 13th (1980)

Friday the 13th merupakan film horor ternama tahun 1980. Kisah dalam film ini dituliskan oleh Victor Miller, dan disutradarai oleh Sean S. Cunningham. Film horor ini mengisahkan sekelompok remaja yang mendatangi tempat perkemahan yang sudah bertahun-tahun ditutup karena ada seorang anak kecil yang mati tenggelam di danau dekat perkemahan tersebut. Akan tetapi, saat mereka berada di tempat perkemahan itu, satu per satu dari mereka tewas dibunuh oleh pembunuh misterius.

3. A Nightmare on Elm Street (1984)

A Nightmare on Elm Street merupakan hasil karya penulis Wes Craven (1984). Film yang mengisahkan beberapa remaja yang mempunyai mimpi buruk, yaitu diintai untuk dibunuh oleh Freddy Kruege dalam mimpi tersebut. Ketegangan dan sadisnya alur cerita film ini, bisa bikin kamu tidak dapat tidur nyenyak.

4. Ring (1998)

Film Ring ini diadaptasi dari novel ciptaan Kōji Suzuki. Film yang dirilis tahun 1998 ini menggemparkan perfilman horor dunia. Hantu Sadako yang diceritakan dalam film tersebut dibuat sangat menyeramkan. Rambut panjang dan jari-jemari yang sudah tidak berkuku menjadikan hantu ini sangat mengerikan. Dalam film tersebut dikisahkan setiap orang yang telah menyaksikan rekaman misterius, akan didatangi oleh hantu sadako tersebut dan dibunuhnya.

5. Nang Nak (1999)

Wikipedia

Ini adalah film horor asal Thailand. Film ini disutradarai oleh Nonzee Nimibutr tahun 1999. Nang Nak artinya adalah nyonya Nak, dalam bahasa Thailand.

Film ini mengisahkan suami dari nyonya Nak yang harus pergi berperang di saat dirinya sedang mengandung buah cinta mereka. Suami nyonya Nak hampir tewas di medan pertempuran, dan nyonya Nak sendiri, malah tewas saat melakukan proses persalinan. Namun, sang suami tidak tahu mengenai hal tersebut.

Saat tiba di desa tempat mereka tinggal, dia tetap melihat Nak yang ternyata sudah menjadi hantu. Para tetangganya yang mencoba memberitahukan kebenaran pada suaminya, pasti tewas mengenaskan karena dibunuh oleh hantu Nak tersebut. Perbuatan sadis hantu Nak dalam film tersebut, membuat para penontonnya tidak bisa tidur nyenyak.

6. The Omen (2006)

Film ini dirilis pada 6 Juni 2006 demi menyesuaikan dengan angka setan yang dipakai dalam film tersebut, yaitu 666. The Omen ini mengisahkan tentang seorang anak setan yang bernama Damien Thorn, yang diadopsi oleh pasangan suami-istri, Robert Thorn dan Katherine. Katherine kehilangan anak yang baru dilahirkannya, sehingga mereka mengadopsi Damien, yang kehilangan ibunya saat melahirkan dirinya. Ternyata, kehadiran Damien malah membawa petaka bagi keluarga ini.

7. The Eye (2008)

Film The Eye ini adalah film bergenre horor buatan Amerika Serikat yang dibintangi oleh Jessica Alba, dan dirilis pada 1 Februari 2008. Film ini mengisahkan Jessica Alba sebagai pemain biola yang andal namun buta. Setelah dia menjalani operasi transplantasi kornea, dia malah sering mendapatkan penglihatan yang aneh dan mengerikan, seperti api, orang-orang yang sekarat dan lainnya. Film The Eye ini diadaptasi dari film The Eye buatan China tahun 2002, yang alur ceritanya kurang lebih sama.

8. Orphan (2009)

Film Orphan ini merupakan film hasil arahan sutradara Jaume Collet-Serra. Film ini mengisahkan sebuah keluarga yang mengadopsi seorang putri dari panti asuhan karena buah hati mereka meninggal sebelum dilahirkan. Namun ternyata Esther, mengalami kelainan kejiwaan sekaligus kelainan fisik. Dia sebenarnya bukanlah seorang anak kecil, tapi wanita dewasa yang terkena sebuah sindrom yang menjadikan pertumbuhannya terhambat, sehingga tidak mengherankan tubuhnya masih seperti anak usia 9 tahun, padahal dia adalah wanita tua. Esther membuat kekacauan dalam keluarga tersebut dengan berbagai perilaku sadis.

9. Insidious (2010)

Film horor Hollywood yang bertemakan horor psikologi ini mengisahkan seorang anak yang bernama Dalton, buah hati dari Renai dan Josh Lambert. Dalton terjatuh dari tangga, dan mengalami koma yang cukup panjang. Ketika dia dalam keadaan koma, rumah mereka dihantui oleh makhluk-makhluk aneh. Rupanya, Dalton bukan sekadar pingsan, tapi terlalu jauh masuk dalam alam lain, sehingga rohnya pun tidak dapat segera kembali karena tersesat terlalu dalam.

10. The Devil Inside (2012)

Ini merupakan film horor baru yang rilis pada tahun ini. Film ini mengisahkan seorang wanita Italia yang ikut terlibat dalam penyelidikan kasus eksorsisme yang dilakukan ibunya, di mana 3 orang yang dirasuki setan terbunuh saat itu. Sang anak ingin mencari tahu tentang apa yang sebenarnya terjadi pada ibunya setelah ritual eksorsisme tersebut. Film ini disutradarai oleh William Brent Bell.

Itulah daftar 10 film horor dari tahun 1973 hingga 2012, yang bisa membuatmu mati berdiri, karena setan dan alur cerita sadis yang dibuat sangat mengerikan. Apakah semua film tersebut sudah pernah kamu tonton?

(yk)


comments powered by Disqus